Mengapa Setiap Kendaraan Bermotor Harus Punya Tempat Penyimpanan?

JSC | 3 months ago

Setiap pemilik kendaraan pribadi tentu harus memiliki tempat untuk menyimpan kendaraannya, baik roda dua maupun roda empat. Sayangnya, fenomena yang sering kita lihat di Ibu Kota, banyak kendaraan yang diparkir di pinggir jalan. Bukan untuk jangka waktu yang singkat, namun kendaraan tersebut memang ditempatkan di lokasi tersebut karena sang pemilik tidak memiliki tempat parkir.

Perilaku yang mengganggu kepentingan umum tersebut sebenarnya telah diatur melalui Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Dalam Perda tersebut, pada pasal 140 disebutkan bahwa setiap pemilik kendaraan bermotor wajib memilikiatau menguasai garasi. Berdasarkan peraturan tersebut, kendaraan bermotor harus disimpan di garasi milik pribadi atau suatu area yang disewa untuk menampungnya. Dalam pasal yang sama juga disebutkan kalau adanya tempat penyimpanan harus dibuktikan dengan surat saat seseorang atau suatu badan usaha membeli kendaraan bermotor. Tanpa adanya surat tersebut, Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK tidak bisa diterbitkan.

Perda yang telah diterbitkan tiga tahun lalu itu, kini kembali disosialisasikan dan digalakkan. Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun telah menyiapkan sanksi bagi mereka yang tidak mematuhi peraturan tersebut. Mobil atau sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan umum, maupun jalan pemukiman, akan ditertibkan dengan bantuan derek.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan berkoordinasi dengan kepolisianuntuk penerapan aturan kepemilikan garasi. Koordinasi tersebut diperlukan karena pihak kepolisian yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Direncanakan dalam waktu dekat, surat keterangan kepemilikan garasi akan menjadi syarat wajib untuk mendapatkan STNK.

Penegakan Perda tersebut merupakan rangkaian upaya pemerintah untuk menertibkan Jakarta. Selain untuk ketertiban berlalu lintas, setiap kendaraan bermotor juga harus memiliki tempat penyimpanan agar tidak mengganggu fungsi jalan. Karena satu mobil yang diparkir sembarangan, bisa mengakibatkan kemacetan. Fakta yang tak terbantahkan ini, seharusnya menjadi perhatian semua pihak untuk sadar terhadap hak dan kewajibannya masing-masing.

Artikel lainnya

Transjakarta Perpanjang Waktu Layanan

Komitmen dalam menyediakan layanan transportasi publik yang aman, nyaman dan terjangkau di DKI Jakarta kembali direalisasikan oleh PT Transportasi Jakarta dengan memperpanjang waktu layanan reguler ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City