Pencapaian Realisasi Investasi Meningkat, Apa Peran DPMPTSP DKI Jakarta?

JSC | 6 months ago

Perekonomian Jakarta makin bergairah pada tahun ini. Hal tersebut terlihat dari pencapaian realisasi investasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta yang mencapai Rp 48,6 triliun hingga Juli 2017. Angka ini tercatat mengalami peningkatan 63,1 persen dari periode yang sama tahun lalu, yakni hanya sebesar Rp 29,8 triliun. Sementara itu, target investasi yang ditetapkan oleh DPMPTSP DKI Jakarta adalah sebesar Rp 55 triliun pada 2017.

Realisasi investasi di DKI Jakarta untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 10,2 triliun, naik 96,2% dari periode yang sama tahun lalu yang nilainya Rp 5,2 triliun. Untuk Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp 14,6 triliun atau naik 2,8% dari Rp14,2 triliun pada periode yang sama, tahun 2016.

Nilai realisasi investasi yang tergolong tinggi ini sejalan dengan pencatatan layanan perizinan di Ibu Kota yang menembus angka 2,8 juta layanan dalam satu semester tahun ini. Jumlah tersebut  meningkat 54 persen dari periode yang sama tahun lalu. Peningkatan itu salah satunya karena kemudahan perizinan yang ditawarkan oleh DPMPTSP DKI Jakarta. Melalui layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB), terhitung ada 92.923 berkas yang diproses melalui layanan AJIB.

Bagi investor atau warga Jakarta yang ingin mengajukan perizinan, kini tidak perlu menggunakan jasa orang ketiga atau calo. Karena saat ini, DPMPTSP DKI Jakarta semakin baik dan terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik bagi warga. Selain itu, upaya sosialisasi tentang keberadaan berbagai layanan perizinan yang telah tersedia akan terus dilakukan agar setiap orang mengetahui tentang mudahnya mengurus perizinan melalui DPMPTSP.

Artikel lainnya

Penerapan Kebijakan Ganjil-Genap di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Transportasi terus berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta. Berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan memberlakukan kebijakan 3 in 1 ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City