Bersama Menyuarakan Revitalisasi Trotoar Jakarta dengan Hashtag #PedestrianFirst

JSC | 11 months ago

Pemprov DKI Jakarta bertekad mengembalikan fungsi trotoar untuk fasilitas pejalan kaki, sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Oleh karena itu, pemerintah mencanangkan Bulan Patuh Trotoar mulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus. Bulan ini dianggap tepat untuk menjadi Bulan Patuh Trotoar karena bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain untuk mendukung tercapainya indikator smart mobility, trotoar mendapat perhatian khusus karena banyak terjadi penyalahgunaan. Seperti pengendara sepeda motor yang melintas atau menjadi area pedagang kaki lima. Senada dengan momentum Bulan Patuh Trotoar, Qlue sebagai salah satu mitra Pemprov DKI Jakarta juga meluncurkan kampanye Merdeka Berjalan Kaki. Qlue sebagai aplikasi media sosial warga untuk pelaporan dan menyalurkan aspirasi publik, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut aktif menyuarakan masalah terkait fasilitas pejalan kaki tersebut.

Bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Smart City, Institute for Transportation & Development Policy (ITDP), Jakarta Good Guide, iWasHere, dan FNF, Qlue mengajak warga untuk melaporkan berbagai pelanggaran dan kerusakan yang ditemukan pada trotoar. Laporan yang diunggah melalui Qlue dapat menggunakan hashtag #PedestrianFirst. Dengan hashtag ini, laporan mengenai pejalan kaki akan lebih spesifik masuk dalam data Qlue. Data tersebut akan dipakai sebagai rujukan bagi Pemprov DKI untuk memetakan dan menindaklanjuti masalah.

Artikel lainnya

3 Virus Komputer yang Pernah Menggemparkan Dunia

Serangan ransomware WannaCrypt atau WannaCry sepekan belakangan kembali mengingatkan kita tentang pentingnya keamanan jaringan, terutama untuk smart city. Malware yang menyerang komputer dengan cara ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City