Melawan Macet dengan Unit Reaksi Cepat Bermotor untuk Layanan Gawat Darurat

JSC | 1 year ago

Jaminan kesehatan dan dan keamanan individu merupakan dua faktor yang menjadi syarat tercapainya indikator smart living di sebuah kota pintar. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dan perlindungan keselamatan warga saat terjadi kondisi darurat yang mengancam nyawa. Salah satunya dengan memperkuat Unit Ambulans Gawat Darurat (AGD). Unit tersebut memiliki kantor pusat di Gedung Ambulans Gawat Darurat yang berlokasi di Jalan Kesehatan, Jakarta Pusat.

Unit AGD memiliki 60 unit mobil ambulans untuk melayani warga. Selain itu, unit di bawah Dinas Kesehatan DKI Jakarta ini juga mengoperasikan 13 motor trail sebagai tim reaksi cepat. Pembentukan tim ini diharapkan dapat memberikan pertolongan medis lebih cepat, terutama saat ambulans roda empat terjebak kemacetan lalu lintas.

Selain memberikan pertolongan pertama, tim bermotor juga bertugas memberikan penilaian dan keputusan bagi tindakan medis lanjutan yang dibutuhkan. Unit reaksi cepat terdiri dari perawat senior yang mahir dan terlatih untuk mengendarai sepeda motor. Masing-masing anggota tim akan mengoperasikan satu motor trail yang telah dilengkapi dengan GPS dan membawa perlengkapan life-saving seperti alat kejut jantung, oksigen, dan obat-obatan darurat.

Perawat-perawat tersebut juga memiliki dengan kemampuan pra rumah sakit sesuai standar Urban Search and Rescue (USAR) dan telah mendapatkan pelatihan penanganan kondisi gawat darurat yang sudah diakui di tingkat nasional dan tersertifikasi Balai PPSDM Kementerian Kesehatan serta PPNI Pusat.

Layanan ambulans baik untuk kendaraan roda empat maupun layanan motornya bisa diakses secara gratis untuk warga Jakarta. Caranya adalah menghubungi nomor 112 atau 119 saat berada dalam kondisi darurat atau mengancam nyawa. Persyaratan cukup mudah, yakni menyediakan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga pasien.

Artikel lainnya

Geographic Information System untuk Pembangunan Terencana dengan Pengolahan Data Tata Ruang

Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI Jakarta sedang menggiatkan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung pengolahan data tata ruang. Untuk menyiapkan sumber daya manusia yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City