Dedikasi Jakarta untuk Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Dianugerahi Penghargaan Adipura

JSC | 2 years ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dianugerahi sejumlah penghargaan saat peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017. Dua kota administrasi DKI, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, mendapatkan piala Adipura. Kota Administrasi Jakarta Timur dan Jakarta Barat mendapatkan sertifikat Adipura, serta Plakat Adipura untuk kategori Terminal Baik diberikan kepada Kota Administrasi Jakarta Timur.

Sertifikat Adipura merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota yang mengalami kenaikan nilai Adipura signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan plakat Adipura untuk Terminal Pulogebang di Jakarta Timur diberikan karena faktor sanitasi lingkungan, ruang terbuka hijau yang tersedia, serta kelayakan dan kebersihan toilet.

Selain itu, Gubernur Jakarta juga memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan tersebut diberikan untuk kepemimpinan kepala daerah yang dinilai memiliki dedikasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup daerah dengan inovasi yang telah dan sedang dilakukan. Salah seorang warga Jakarta, tepatnya Kepulauan Seribu bernama Mahariah tak ketinggalan mendapatkan penghargaan Kalpataru untuk jasanya yang aktif menjaga kelestarian terumbu karang selama bertahun-tahun.

Penghargaan tersebut merupakan hadiah bagi upaya Jakarta selama 2016 untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dibidang pengelolaan limbah, ruang terbuka hijau, pengendalian pencemaran air dan udara. Misalnya dengan membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), menata sungai, memperbaiki sistem manajemen sampah, menggiatkan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal, dan perbaikan sarana transportasi umum.

Upaya itu didukung pula oleh keberadaan pasukan warna-warni yang ikut menjaga lingkungan Jakarta. Seperti keberadaan Pasukan Oranye yang bekerja menangani masalah prasarana dan sarana umum seperti membersihkan sampah di tingkat kelurahan, Pasukan Hijau di bawah Dinas Kehutanan DKI Jakarta yang menjaga dan merawat taman serta makam, serta Pasukan Biru di bawah Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Tugas mereka mengontrol saluran air dan melakukan upaya mencegah banjir di Ibu Kota.

Berkat keberadaan petugas khusus tersebut, upaya pelestarian lingkungan di Ibu Kota berjalan tiap hari. Bukan hanya menjelang penilaian Adipura, namun merupakan usaha berkelanjutan yang dilakukan dengan terencana dan penuh dedikasi.

Artikel lainnya

Peningkatan Pelayanan Kesehatan Warga di Tingkat Kecamatan melalui PKK dan Puskesmas

Pemprov DKI Jakarta melalui DInas Kesehatan terus memberikan pelayanan yang terbaik di bidang kesehatan untuk masyarakat. Sesuai dengan visi yang diusung Dinas Kesehatan, yaitu “Jakarta Sehat ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City