Davao, Kota Pintar dengan Fitur CCTV Unggulan

JSC | 12 months ago

Sudut-sudut Jakarta kini telah dilengkapi dengan kamera pengawas alias CCTV yang jumlahnya terus bertambah. Data yang dihimpun pada Juni 2017 menunjukkan bahwa Jakarta telah memiliki 6.519 CCTV dan terhubung dengan portal Jakarta Smart City. Tayangan real time dari seluruh kamera pengawas tersebut bisa diakses oleh semua orang melalui website smartcity.jakarta.go.id. Hadirnya fasilitas itu diharapkan dapat membuat Ibu Kota semakin mudah terpantau, sehingga meningkatkan keamanan.

Cita-cita ini tak terlalu muluk jika berkaca pada pengalaman salah satu kota dengan populasi dan luas area terbesar keempat di Filipina, yaitu Davao. Kota yang sempat meraih predikat sebagai kota dengan tingkat kriminalitas paling tinggi seantero negeri, kini berhasil menjadi kota teraman di Filipina.

Prestasi tersebut diklaim merupakan hasil dari inovasi pemerintah kotanya melalui peraturan yang tertuang di Executive Order No. 18 tahun 2012. Berlandaskan peraturan tersebut, Davao membangun Public Safety and Security Command Center (PSSCC). Sebuah command center dengan petugas yang mengawasi seluruh penjuru kota melalui tampilan CCTV. Mereka bertanggung jawab melakukan koordinasi untuk menanggapi kondisi darurat, termasuk bekerja sama dengan kepolisian untuk menangani tindak kriminal.

Walau jumlahnya relatif sedikit, CCTV di Davao memiliki kemampuan memperbesar tampilan hingga jarak 2 kilometer dan mampu berputar 360 derajat. Fitur ini terbukti sangat berguna. Pada suatu peristiwa yang rekamannya bisa disaksikan melalui kanal Youtube, pelaku tabrak lari berhasil diringkus polisi berkat pantaun CCTV dan kesigapan staf pemantau yang bertugas.

Selain itu, Davao juga memanfaatkan kamera pengawasnya untuk menindak beberapa pelanggaran lalu lintas lainnya dan mengungkap berbagai tindak kriminal. Layanan gawat darurat seperti ambulans atau penanganan bencana dan kebakaran, juga dinilai semakin efektif setelah PSSCC beroperasi. Seluruh layanan darurat tersebut terintegrasi dalam satu pusat kendali, yaitu PSSCC.

Kini, PSSCC telah jauh berkembang dibandingkan saat awal berdiri. Mereka saat ini telah bekerja sama dengan IBM Intelligent Operations Center untuk menerapkan teknologi serupa dengan super komputer besutan IBM, bernama Watson. Berkat pengaplikasian teknologi tersebut, PSSCC kini memiliki sistem analisis untuk pencegahan tindakan kriminal dan terorisme, dan juga manajemen lalu lintas yang lebih cerdas.

Artikel lainnya

Transjakarta Perpanjang Waktu Layanan

Komitmen dalam menyediakan layanan transportasi publik yang aman, nyaman dan terjangkau di DKI Jakarta kembali direalisasikan oleh PT Transportasi Jakarta dengan memperpanjang waktu layanan reguler ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City