Menguak Fungsi dan Estetika Simpang Susun Semanggi

JSC | 1 year ago

Pembangunan Simpang Susun Semanggi kini pengerjaan sudah mencapai sekitar 94 persen. Infrastruktur yang akan segera rampung ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan Ibu Kota. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau pemasangan box girder terakhir simpang susun Semanggi pada tanggal 25 April lalu.

Budi meyakini bahwa simpang susun ini bisa mengurangi kemacetan hingga 30 persen. Simpang susun yang terdiri dari dua jembatan layang melingkar tersebut bisa digunakan dari arah Cawang menuju ke arah Bundaran HI dan dari arah Grogol yang menuju ke arah Blok M.

Selain fungsi utamanya tersebut, Simpang Susun Semanggi juga diharapkan bisa menjadi ikon baru Jakarta. Oleh sebab itu, faktor estetika Simpang Susun Semanggi menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta. Selain menambahkan ornamen Betawi berupa motif gigi balang di sisi dalam parapet dan railing flyover, pencahayaan di Simpang Susun Semanggi akan dibuat spesial untuk mempercantik Jakarta saat malam hari.

Simpang Susun Semanggi direncanakan bakal memiliki pencahayaan khusus berpola menggunakan lampu LED. Polanya akan diatur melalui program khusus sehingga memberi variasi pada penampilan infrastruktur kebanggan Jakarta tersebut. Lampu di Simpang Susun Semanggi tidak menggunakan tiang-tiang tinggi karena LED dipasang dan disorotkan dari bagian bawah.

Selain itu, PT Wijaya Karya (WIKA) yang merupakan kontraktor pengembang Simpang Susun Semanggi juga akan memasang video mapping atau yang juga dikenal sebagai projection mapping memanjang di bibir jembatan. Fitur tersebut akan menampilkan video-video tentang Jakarta, juga untuk mempromosikan acara atau menampilkan informasi yang berguna bagi warga.

Simpang Susun Semanggi rencananya bisa dilewati mulai 29 Juli, bebarengan dengan acara soft launching. Juga setelah semua fasilitas selesai dicek dan mendapat Setifikat Laik Fungsi (SLF) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Sedangkan peresmiannya akan dilakukan pada 17 Agustus mendatang, bertepatan dengan bertepatan dengan peringatan kemerdekaan ke-72 Indonesia.

Artikel lainnya

Jajanan Aman Melalui Kolaborasi KAKI5JKT

Sejak Senin, 15 Februari 2016, 400 PKL kuliner di Jakarta di bawah pembinaan Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (KUMKMP) dapat ditemukan di Zomato, dipesan secara online melalui situs Porter, dan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City