Menuntut Hak Pejalan Kaki di Trotoar Ibu Kota

JSC | 11 days ago

Revitalisasi trotoar yang telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta akan percuma jika warga tidak menggunakan fasilitas publik tersebut sesuai peruntukkannya. Perhatian terhadap penyalahgunaan area pedestrian tersebut kembali mencuat setelah beredar video aksi Komunitas Pejalan Kaki di Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Terlihat peserta aksi menghalangi pengendara sepeda motor yang melintas di trotoar. Aksi yang berlangsung pada Jumat, 14 Juli 2017 ini sayangnya mendapat tanggapan tak ramah dari pengendara motor.

Menurut Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, jelas disebutkan bahwa pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lainnya. Ancaman sanksinya juga jelas. Menurut pasal 275 ayat 1, dicantumkan bahwa setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, fasilitas pejalan kaki, dan alat pengaman pengguna jalan, dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak 250.000 rupiah.

Selain diatur dalam Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, larangan kendaraan bermotor melintasi trotoar juga dicantumkan dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Perda ini melarang kendaraan bermotor melintasi jalur trotoar serta mewajibkan pengemudi kendaraan bermotor untuk mengutamakan keselamatan pejalan kaki.

Sebagai smart people yang beraktivitas di smart city, sudah menjadi kewajiban warga Jakarta untuk menjaga fasilitas umum agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai dengan fungsinya. Oleh sebab itu, jika melihat pelanggaran termasuk penyalahgunaan trotoar, maka warga dapat melaporkannya melalui kanal resmi pengaduan Pemprov DKI Jakarta yaitu email dki@jakarta.go.id, SMS ke nomor 08111272206, Lapor 1708, Balai Warga di situs www.jakarta.go.id, aplikasi qlue, juga ke akun media sosial dengan nama akun Pemprov DKI Jakarta untuk Facebook dan @DKIJakarta untuk akun Twitter.

Artikel lainnya

Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta direncanakan pada 20 Juni 2016 atau mundur dari rencana awal yaitu tanggal 15 Juni 2016. Hal ini tentunya menjadi solusi untuk mengurai ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City