Langkah Cerdas Jakarta Berhasil Menekan Laju Inflasi

JSC | 1 year ago

Mewujudkan smart economy sebagai salah satu indikator dari smart city, salah satunya adalah dengan mengupayakan perekonomian yang stabil dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Baru-baru ini, DKI Jakarta berhasil mencatat laju inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juni 2017 sebesar 0,46 persen. IHK merupakan salah satu indikator ekonomi yang memberikan informasi mengenai harga barang dan jasa yang dibayar oleh konsumen. Perhitungannya dilakukan dengan merekam perubahan harga beli di tingkat konsumen.

Tren inflasi tersebut tergolong rendah jika dibandingkan saat Lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 0,93 persen. Pencapaian yang tercatat oleh Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) itu mendapat apresiasi dari Bank Indonesia (BI). Menurut Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi, keberhasilan Pemprov DKI Jakarta ini diantaranya karena kerja BUMD yang bekerja dengan memotong rantai distribusi bahan pangan.

Strategi bisnis PT Food Station Tjipinang dan PD Dharma Jaya dengan membangun pusat perkulakan dan melakukan penjualan langsung terbukti dapat menjaga kestabilan harga bahan pangan. Selain itu, mesin Controlled Atmosphere Storage (CAS) yang telah beroperasi di Pasar Induk Kramat Jati juga berperan menjaga pasokan bahan pangan. Dengan harga yang stabil, diharapkan daya beli warga lebih meningkat sehingga perekonomian Ibu Kota jadi lebih bergairah.

Artikel lainnya

Mengumpulkan Sampah Secara Efektif dengan Garbage Bin Modern

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya agar penanganan sampah dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Belum lama ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta membeli garbage bin atau tempat ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City