Ayo Mudik, Fasilitas Informasi Terpadu untuk Perjalanan Anda

JSC | 1 year ago

Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan beberapa kementrian dan lembaga negara meluncurkan aplikasi Ayo Mudik. Aplikasi ini menampilkan informasi-informasi penting untuk kelancaran mudik warga. Penyediaan konten dan informasi di dalam aplikasi Ayo Mudik didukung antara lain oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementrian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, ESDM, BMKG, dan Kepolisian Republik Indonesia. Selain itu, Google, Jasa Marga, dan Pertamina juga mendapatkan kredit atas dukungan mereka.

Gambar 1. Tampilan Awal Aplikasi Ayo Mudik

Hanya dengan menginstal satu aplikasi tersebut, warga dapat melakukan pencarian berbagai informasi yang cukup lengkap selama mudik Lebaran kali ini. Bagian paling atas di halaman utama aplikasi menampilkan lokasi, tanggal, bulan, dan tahun, serta kondisi cuaca. Termasuk perkiraan kondisi cuaca pada pagi, siang, sore, hingga malam.

Gambar 2. Informasi Lokasi dan Cuaca

Bagian selanjutnya memuat menu informasi sesuai lokasi pengakses. Menu pertama adalah jalur mudik yang di dalamnya terdapat peta jalur mudik utara, tengah, dan selatan Pulau Jawa. Peta digital tersebut dapat diunduh oleh pengguna sehingga tetap bisa diakses secara offline. Informasi penting lain bagi pemudik yang disediakan oleh aplikasi ini adalah lokasi posko mudik terdekat, posko kesehatan, pos polisi, stasiun pengisian bahan bakar atau SPBU, bengkel terdekat, masjid, rest area, hingga keberadaan mesin ATM di sekitar lokasi pengguna aplikasi. Aplikasi Ayo Mudik juga menampilkan nomor telepon penting untuk dihubungi saat kondisi darurat, yaitu nomor telepon polisi, perhubungan, dan kesehatan.

Gambar 3. Menu di Halaman Utama Aplikasi

Selain melibatkan komponen pemerintahan, aplikasi Ayo Mudik juga merupakan hasil kolaborasi dengan Kudo Digital Solutions, salah satu perusahaan startup nasional. Aplikasi yang dapat diunduh gratis melalui ponsel pintar berbasis Android via Google Play Store ini dikembangkan dalam waktu relatif singkat, yakni satu bulan saja. Saat ini, Ayo Mudik baru bisa menampilkan informasi terkait jalur mudik di Pulau Jawa. Aplikasi tersebut rencananya masih akan terus dikembangkan sehingga menjadi perangkat lunak yang lebih bersahabat dan dapat diandalkan untuk mudik di tahun-tahun berikutnya.

Artikel lainnya

Bagaimana Hasil Uji Coba Lalu Lintas Ganjil Genap Hari Pertama?

Kepala Seksi Pelanggaran Gakkum Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris H Salam mengatakan, uji coba kendaraan plat ganjil genap di hari pertama cukup efektif. Ini terlihat sepanjang Jalan Gatot Subroto, ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City