Pengakuan Internasional untuk Inovasi Jakarta Smart City melalui WeGO Smart Sustainable City Awards

JSC | 4 years ago

Jakarta kembali membuktikan komitmennya untuk menjadi kota pintar. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan World e-Governments Organization of Cities and Local Governments (WeGO) Smart Sustainable City Awards yang berhasil diterima Jakarta Smart City pada akhir Mei lalu. Jakarta mendapatkan Silver, peringkat kedua setelah Edmonton, Kanada pada kategori Open City.

WeGO Smart Sustainable City Awards yang mulai diberikan pada tahun 2011 sebagai penghargaan dan pengakuan untuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, penerapan e-government, dan inovasi smart city yang telah dilakukan oleh pemerintah kota di seluruh dunia. Kompetisi yang diadakan tiap tahun ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama dalam hal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi administratif, meningkatkan akses publik pada layanan publik, dan saling membagi pengetahuan tentang strategi untuk mewujudkan smart city. Ajang penghargaan tersebut merupakan satu kesatuan dengan acara WeGO General Assembly dan telah menjadi salah satu kompetisi internasional yang populer.

Kategori Open City yang berhasil dijuarai oleh DKI Jakarta meliputi aspek transparansi administrasi dan penerapan open data dalam pemerintahan. Kedua hal tersebut telah dilakukan Jakarta terutama melalui portal Jakarta Smat City yang menyediakan berbagai informasi terkini untuk warga. Beberapa data yang ditampilkan melalui portal tersebut bahkan tersedia secara real time.

Portal informasi yang tersedia melalui situs smartcity.jakarta.go.id ini telah dikunjungi oleh lebih dari 1 juta orang selama setahun terakhir. Sekitar 70% dari pengakses menggunakan perangkat mobile. Hal ini membuktikan jika produk Jakarta Smart City ini penting bagi warga dan mudah diakses melalui berbagai perangkat, termasuk melalui smartphone. Data yang paling populer diakses adalah CCTV online yang menampilkan kondisi terkini di ribuan titik dari seluruh penjuru Jakarta. Untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, tim Jakarta Smart City kini sedang mengembangkan sistem filter informasi agar lebih personal, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna pada waktu dan tempat tertentu.

Jakarta sebagai salah satu penerima penghargaan akan mendapatkan kehormatan untuk menerima award di ajang internasional pada acara 4th WeGO General Assembly yang akan diadakan di Ulyanovsk, Russia. Acara tersebut rencananya akan berlangsung selama 23-30 Juni 2017. Selain itu, Jakarta akan dipromosikan melalui kanal WeGO atas prestasinya dan berhak diikutsertakan dalam WeGO Smart Sustainable City Best Practices Journal pada 2017 mendatang.

Artikel lainnya

Sosialisasi Konsep dan Aplikasi Jakarta Smart City Melalui Generasi Muda

Pembaruan biasanya direspon lebih cepat oleh generasi muda. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sering mengadakan sosialisasi tentang layanan aplikasi di Jakarta Smart City ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City