Pasar Digital bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di DKI Jakarta

JSC | 2 years ago

Perkembangan teknologi turut berpengaruh dalam perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) termasuk di DKI Jakarta. Pelaku usaha sebaiknya mulai memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kemajuan usahanya. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah menegaskan bahwa UMKM harus siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan menyesuaikan konsep pemasaran berbasis ekonomi digital.

Pemanfaatan teknologi dianggap menjadi ciri utama bagi UMKM yang berhasil. Dengan aplikasi teknologi terbaru, UMKM diharapkan meningkatkan daya saing di tingkat regional dan global. Hal ini juga berkaitan dengan kebiasaan berbelanja warga yang mulai beralih dari cara tradisional menjadi sistem online. Pangsa pasar global yang lebih luas, termasuk kesempatan ekspor barang juga akan terbuka luas melalui perdagangan berbasis transaksi online.

Sebagai salah satu upaya memfasilitasi pelaku UMKM untuk menjajaki pasar online, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Tokopedia meluncurkan laman Kota Jakarta. Fitur yang bisa diakses melalui alamat website kota.tokopedia.com/jakarta ini bertujuan menyediakan ruang khusus bagi UMKM Jakarta untuk memperluas pemasaran. Selain itu, Tokopedia juga secara rutin melakukan pelatihan untuk pelaku-pelaku usaha tersebut.

Gambar 1. Laman Kota Jakarta di Tokopedia

Transaksi penjualan yang tercatat di sistem Tokopedia juga berguna bagi Pemprov DKI Jakarta. Data tersebut akan membantu pemerintah untuk mengetahui potensi pasar, serta kelebihan dan kelemahan UMKM binaan Pemprov di DKI Jakarta. Hal ini diharapkan dapat membantu pencanangan program pengembangan usaha, termasuk pemberian kredit bagi UMKM.

Artikel lainnya

LED Smart System untuk Penerangan Jalan Ibu Kota

Penggantian lampu penerangan jalan umum menggunakan Light Emitting Diode (LED) berbasis smart system sudah mencapai 97 persen di Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Utara dan Jakarta Selatan dengan total ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City