Melawan Hipertensi dengan Layanan Hypertension Online Treatment

JSC | 7 months ago

Menurut World Health Organization (WHO) sebagai badan kesehatan dunia, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi telah membunuh 9,4 juta orang setiap tahunnya. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat. Pada 2025, WHO memprediksi sebanyak 29% warga dunia akan menderita hipertensi.

Oleh sebab itu, Puskesmas Kecamatan Makasar, Jakarta Timur meluncurkan layanan baru bernama Hypertension Online Treatment (HOT) untuk meningkatkan pelayanan bagi warga. Layanan berbasis web dan aplikasi ponsel ini dapat dimanfaatkan warga dengan mengunduh aplikasi Infokes HOT melalui Playstore di ponsel berbasis Android atau dengan mengakses situs puskesmasmakasar.jakarta.go.id. Layanan ini membutuhkan akses login menggunakan nomor induk kependudukan atau nomor peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Gambar 1. Tampilan Aplikasi HOT

Warga bisa melakukan pendaftaran secara online melalui website atau aplikasi HOT untuk pelayanan kesehatan Puskesmas di lingkungan Kecamatan Makasar, termasuk Puskesmas Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Halim Perdana Kusuma I dan II, Kebon Pala, Pinang Ranti, dan Kelurahan Makasar. Selain itu, pasien yang telah terdaftar juga akan mendapatkan reminder atau pemberitahuan jadwal kontrol kesehatan sebab penderita hipertensi harus berobat rutin.

Rencananya, layanan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut akan dikembangkan sehingga warga dapat melakukan konsultasi atau tanya jawab mengenai hipertensi melalui HOT. Aplikasi ini juga akan digunakan untuk memperoleh data yang lebih akurat mengenai jumlah penderita hipertensi serta rekam medis setiap pasien.

Artikel lainnya

Tunai vs Non Tunai, Cara yang Lebih Cerdas untuk Mewujudkan Kota Pintar

Mengurangi penggunaan uang tunai adalah salah satu hal yang dianggap wajib dilakukan untuk mewujudkan kota pintar. Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini juga sedang giat membangun ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City