Jakmart, Salah Satu Garda Terdepan Pengendali Harga Pangan Ibu Kota

JSC | 1 year ago

Untuk menegaskan status suatu kota menjadi smart city, salah satu indikator penting yang harus dicapai adalah smart economy. Kota pintar membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, didukung oleh sistem lokal yang handal dan sesuai dengan kebutuhan warganya. Salah satu bentuk usaha Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan indikator smart city tersebut adalah dengan membangun jaringan minimarket bernama Jakmart. Tempat penjualan langsung atau retail yang rata-rata memiliki luas bangunan 40 meter persegi ini fokus menjual beras, daging murah, gula, minyak goreng, dan kebutuhan sehari-hari lainya dengan harga terjangkau. Tiap hari, Jakmart beroperasi mulai pukul 07:00 – 19:00.

Pada hari ini, Jumat, 19 Mei 2017, Djarot Saiful Hidayat selaku Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI‎ Jakarta melakukan peresmian Jakmart di Lantai 1 Blok B Pasar Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur. Jakmart Pasar Rawa Bening merupakan lokasi ketiga, setelah sebelumnya dibangun minimarket serupa di Cikini, tepatnya di Kantor Pusat PD Pasar Jaya dan Pasar Pramuka.

Jakmart hadir sebagai salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menjaga kestabilan harga pangan di bawah manajemen PD Pasar Jaya. Untuk meluaskan layanannya, PD Pasar Jaya menargetkan pengoperasian 44 Jakmart pada 2017. Gerai keempat direncanakan akan segera diresmikan pada bulan Ramadan. Lokasinya akan berada di pasar-pasar milik PD Pasar Jaya, kantor dan gedung pemerintahan, puskesmas, stasiun MRT, halte Transjakarta, serta di dekat pemukiman warga seperti di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan rusun.

Artikel lainnya

Tertib Parkir dengan Aplikasi Jukir

Parkir liar kerap kali menjadi permasalahan di ibukota. Ketidakhadiran juru parkir atau juru parkir yang tidak profesional adalah salah satu penyebabnya. Juru parkir juga terkadang tidak mendapat ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City