Jakarta X Betawi: Menjadi Smart City yang Berbudaya

JSC | 4 months ago

Kota pintar yang berbudaya adalah salah satu ciri khas yang ingin dikembangkan oleh Jakarta. Bukan hanya menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di setiap aspek kehidupan perkotaan, Jakarta Baru juga akan menguatkan elemen budaya khas Betawi. Hal ini sesuai dengan prinsip pembangunan smart city untuk memperkaya sumber daya dan  identitas lokal.

Salah satu penggunaan elemen budaya Betawi yang berpadu dengan pembangunan Jakarta adalah ornamen gigi balang yang menghiasi jalan layang non tol (JLNT) khusus bus Transjakarta Tendean – Ciledug. Di sepanjang JLNT kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan tersebut, ornamen gigi balang terlihat menonjol dengan warna dominan kuning dan hijau. Proyek yang selesai dibangun pada akhir Januari 2017 tersebut akan digunakan sebagai jalur khusus TransJakarta koridor XIII dan diresmikan Juni mendatang.

Proyek unggulan Pemprov DKI lain yaitu Simpang Susun Semanggi juga tidak ketinggalan dilengkapi dengan ornamen khas Betawi tersebut. Gigi balang dipastikan akan menghiasi pagar flyover dari Simpang Susun Semanggi. Motif yang biasanya digunakan untuk menghiasi rumah khas Betawi tersebut memiliki bentuk utama segitiga dan bulatan. Konon, bentuk ornamen gigi balang dibuat menyerupai gigi belalang yang melambangkan kejujuran, kerajinan, keuletan dan kesabaran.

Selain ornamen tersebut, masih banyak ikon kebudayaan Betawi yang harus diintegrasikan dalam pembangunan Jakarta. Misalnya seperti tertulis di Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi yaitu ondel-ondel dan manggar atau kembang kelapa. Karena kekayaan budaya Betawi, masih ada pula elemen yang belum terangkum dalam Pergub tersebut, misalnya ornamen banji, tumpal, dan tapak dara.

Penggunaan ornamen khas Betawi diharapkan bukan hanya jadi penghias, namun filosofinya hidup seiring dengan pembangunan Jakarta. Sehingga kelak, Jakarta Smart City akan menjadi kota yang modern, ramah, nyaman, serta memiliki identitas budaya yang kuat. Layaknya bagian dari Indonesia yang kental dengan berbagai kebudayaan daerah.

Artikel lainnya

Gatot Subroto, Pejuang Tiga Zaman

Di sudut Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terdapat makam Jenderal Gatot Subroto. Namanya populer karena dipakai untuk nama jalan protokol di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jakarta. ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City