Fasilitas Park and Ride, Pendukung Konsep Smart Mobility untuk Kota Pintar

JSC | 1 month ago

Setelah upaya sterilisasi jalur bus Transjakarta diperketat, perjalanan menggunakan moda transportasi ini makin diminati warga. Sayangnya, lokasi pemukiman yang tidak selalu berada di dekat halte membuat banyak orang masih lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta tahun ini kembali membangun beberapa lokasi baru yang difungsikan sebagai fasilitas park and ride. Tempat parkir kendaraan pribadi yang berada di dekat halte bus Transjakarta ini dibangun untuk mempermudah warga yang ingin menyambung perjalanan dengan angkutan umum.

Salah satu lokasi yang akan dilengkapi dengan park and ride adalah Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Selain menjadi tempat parkir, lahan seluas seluas 8.710 m2 tersebut akan dilengkapi dengan kios-kios pedagang kaki lima. Pengelolaan fasilitas park and ride itu menjadi tanggung jawab Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Perparkiran DKI Jakarta.

Mulai dari konsep parkir susun untuk memaksimalkan kapasitas, sistem yang terkomputerisasi, hingga kondisi yang aman dan nyaman, berusaha diwujudkan di fasilitas park and ride. Hal ini bertujuan untuk menarik minat lebih banyak pemilik kendaraan pribadi agar beralih ke transportasi publik. Dengan menurunnya jumlah kendaraan di jalan, diharapkan masalah kemacetan yang masih membayang-bayangi Jakarta bisa jauh berkurang.

Artikel lainnya

Hari Ini, 30 Agustus 2016 Ganjil Genap Resmi Berlaku di Jakarta

Uji coba ganjil genap yang diberlakukan 27 Juli - 26 Agustus 2016 dinilai berhasil mengurangi kemacetan bahkan meningkatkan jumlah penumpang Transjakarta. Sesuai rencana, maka kebijakan ganjil ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City