Aksi Pemprov DKI Jakarta untuk Earth Hour 2017

JSC | 3 months ago

Pada hari Sabtu, 25 Maret 2017 lalu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut serta dalam kegiatan global yang dicetuskan oleh World Wide Fund for Nature (WWF), yakni Earth Hour 2017. Kegiatan yang disepakati untuk dilakukan pada hari Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya ini merupakan salah satu cara manusia untuk melawan perubahan iklim. Fenomena tersebut merupakan salah satu tanda kerusakan Bumi yang semakin nyata.

Earth Hour diwujudkan dengan cara memadamkan lampu dan peralatan elektronik selama 60 menit mulai pukul 20.30 - 21.30. Acara tersebut pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 di Sydney, Australia. Kini, berbagai kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi dalam peristiwa tahunan itu. Tidak terkecuali Jakarta.

Tahun ini, Jakarta berpartisipasi dengan cara memadamkan 4.876 lampu penerangan jalan umum dengan daya sebesar 200 watt dan 517 lampu PJU 120 watt. Selain itu, pencahayaan di lima lokasi ikonik seperti Gedung Balai Kota, Monumen Nasional (Monas), Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel Indonesia, dan Patung Pemuda juga diredupkan hingga 0% sebagai bentuk dukungan untuk Earth Hour 2017.

Langkah tersebut berhasil mengurangi penggunaan listrik hingga 157 megawatt dan menekan kadar karbon dioksida hingga 112,69 ton. Angka ini lebih tinggi dibandingkan penghematan yang berhasil dilakukan pada pelaksanaan Earth Hour 2016. Pada tahun lalu, listrik yang berhasil dihemat sebesar 148 megawatt dan karbon dioksida yang mampu direduksi sebanyak 57,51 ton.  

Tak hanya itu, pemerintah juga mensosialisasikan kepada warga untuk ikut memadamkan listrik selama Earth Hour berlangsung. Aksi ini diharapkan tidak hanya seremonial semata. Akan tetapi bisa menjadi kebiasaan warga untuk selalu hemat energi. Pemprov DKI Jakarta juga berkomitmen menjalankan program-program pro lingkungan sebagai langkah nyata untuk menjaga kelestarian Bumi.

Artikel lainnya

Membangun Cashless Society dengan Sistem Transaksi Non Tunai

Salah satu ciri dari smart city adalah cashless society yang berkembang. Cashless society merupakan komunitas yang dalam transaksi keuangannya tidak lagi menggunakan uang tunai, tetapi sudah dalam ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City