Cekrekening.id, Aplikasi Resmi Pendukung Cashless Society

JSC | 1 month ago

Untuk menggiatkankan cashless society, pemerintah perlu pula melakukan upaya pengamanan transaksi secara elektronik. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan portal cekrekening.id sebagai salah satu usaha membantu warga untuk melakukan transaksi cashless dengan lebih aman.

Situs tersebut memiliki fitur utama untuk memeriksa nomor rekening. Jika nomor rekening yang diinput ke sistem telah dilaporkan atau tercatat sebagai rekening yang bermasalah karena dicurigai terlibat dalam tindak pidana, maka akan muncul peringatan. Namun jika tidak, maka akan muncul pemberitahuan kalau nomor rekening tersebut belum pernah dilaporkan terkait tindak pidana apapun.

Gambar 1. Fitur Cek Rekening dan Hasil Pemeriksaannya

Selain itu, warga juga bisa melaporkan penggunaan suatu rekening untuk tindak pidana atau penipuan melalui cekrekening.id. Untuk mengirim laporan, pengguna situs wajib mengisi formulir online dan melengkapinya dengan bukti berupa file image atau PDF, maksimal hingga lima dokumen pendukung. Contoh bukti yang bisa dilampirkan adalah scan bukti transfer atau bukti pembayaran, capture percakapan, dan capture bukti transaksi.

Semua laporan yang dikirim melalui formulir online akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu dan membutuhkan informasi pribadi pelapor. Cara ini dilakukan agar semua laporan dapat dipastikan terlebih dahulu keabsahannya.

Gambar 2. Formulir Online Pelaporan Cekrekening.id

Bagi pemilik rekening terlapor, dapat mengajukan normalisasi jika menganggap informasi yang dimuat di cekrekening.id tidak benar. Pihak pengelola aplikasi juga bisa mempertemukan antara pelapor dan pemilik rekening jika terjadi perbedaan pendapat. Rekening yang statusnya masih diperdebatkan, akan diberi tanda khusus. Dengan demikian, diharapkan warga lebih merasa aman untuk bertransaksi secara non tunai.

Artikel lainnya

RSUD Pasar Minggu: Rumah Sakit Umum Pertama di Jakarta Selatan

RSUD Pasar Minggu merupakan Rumah Sakit Umum Daerah pertama di Jakarta Selatan. Sebelumnya, di Jakarta Selatan belum ada Rumah Sakit Umum Daerah, sehingga pasien di wilayah Jakarta Selatan yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City