Sistem Digitalisasi Inventaris Aset Pemprov DKI Jakarta

JSC | 2 years ago

Pemerintah Provinsi Jakarta kini telah melakukan proses inventaris aset secara digital. Salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan duplikasi dokumen aset berharga milik Pemprov. Dokumen yang berada di Subdit Dokumentasi akan di-scan sehingga pemerintah memiliki data digital dari dokumen aset yang autentik.

Selain itu, dokumen untuk setiap aset yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta juga akan dilengkapi dengan barcode elektronik, foto, dan titik koordinat lokasi. Dengan demikian, seluruh aset dapat diidentifikasi keberadaannya secara cepat dan tepat. Pendataan yang mendetail tersebut berguna agar aset yang dimiliki pemerintah tidak jatuh ke pihak lain atau dimanfaatkan secara ilegal.

Sistem pendataan aset secara digital dilakukan pemerintah melalui situs aset.jakarta.go.id. Warga dapat mengakses data detail mengenai aset-aset tersebut melalui smartcity.jakarta.go.id/maps. Di bawah menu Badan Pengelola Keuangan Daerah, data lokasi, ukuran, dan penggunaanya dapat diketahui dengan memilih salah satu pinpoint yang muncul di peta.

Gambar 1. Data Aset Pemprov DKI Jakarta yang Ditampilkan Situs Jakarta Smart City

 

Gambar 2. Detail Data Dari Salah Satu Aset Pemprov DKI Jakarta yang Ditampilkan Situs Jakarta Smart City

 

Setiap aset baik berupa tanah, gedung dan bangunan, bisa ditampilkan dan ditelusuri penggunaannya. Aset yang penggunaannya dikerjasamakan dengan pihak lain, hingga data aset yang siap dimanfaatkan melalui skema kerja sama, juga dapat diketahui semua orang dengan mengakses website Jakarta Smart City. Cara ini dilakukan Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu langkah transparansi data publik agar warga bisa ikut mengawasi penggunaan dan pengelolaan aset-aset tersebut.

 

Artikel lainnya

Ayo Mudik, Fasilitas Informasi Terpadu untuk Perjalanan Anda

Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan beberapa kementrian dan lembaga negara meluncurkan aplikasi Ayo Mudik. Aplikasi ini menampilkan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City