Kemudahan Mengembangkan Aplikasi dengan Bantuan Situs Penyedia API dari Pemprov DKI Jakarta

JSC | 1 month ago

Demi mewujudkan Jakarta Baru yang mendukung kolaborasi warga melalui pemanfaatan teknologi, Pemprov DKI Jakarta menyediakan Application Programming Interface (API) bagi pengembang melalui api.jakarta.go.id.

Gambar 1. Halaman Awal Situs api.jakarta.go.id

API memuat sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak untuk aplikasi tertentu. Untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut, pengguna harus melakukan pendaftaran secara online. Data yang diperlukan adalah nama pengguna, email, dan password.

Setelah memverifikasi pendaftaran melalui email, pengguna bisa memilih menu “Create App” dan mengisi formulir yang tersedia untuk mendapatkan token yang harus dimasukkan pada header endpoint sebagai autentikasi.

Gambar 2. Formulir Pembuatan Aplikasi

Jenis dan detail endpoint yang tersedia di situs yang dikelola oleh Jakarta Smart City tersebut bisa diakses melalui menu “Endpoint” atau alamat situs http://api.jakarta.go.id/endpoint. Resource group yang tersedia antara lain data kota, kecamatan, kelurahan, RW, tempat pembuangan sampah sementara, rumah sakit umum, puskesmas, CCTV, dan masih banyak lagi.

Gambar 3. Resource Group di Halaman api.jakarta.go.id/endpoint

Dengan adanya situs penyedia API tersebut, maka semakin luas kesempatan bagi semua orang untuk berinovasi, terutama dalam bidang pengembangan aplikasi atau perangkat lunak. Karya mereka diharapkan berguna untuk Jakarta agar menjadi Ibu Kota yang lebih baik dan nyaman bagi warganya.

Artikel Lainnya

Kelebihan Aplikasi Citizen Relation Management (CRM) sebagai Pengganti Cepat Respon Opini Publik (CROP)

Sebagai upaya menyempurnakan aplikasi CROP (Cepat Respon Opini Publik), Pemprov DKI Jakarta mengembangkan aplikasi Citizen Relation Management yang disingkat menjadi CRM. Seperti halnya CROP, CRM ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City.