Kemudahan Akses Informasi Publik melalui Portal Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta

JSC | 11 days ago

Keterbukaan informasi menjadi salah satu kunci penting untuk mewujudkan kota pintar. Data yang bisa diakses semua orang, tanpa harus melalui prosedur birokrasi yang rumit, bisa dimanfaatkan sebagai alat perbaikan sistem sekaligus mengawasi tata kelola pemerintahan. Untuk menegaskan hal tersebut, ditetapkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta turut mendukung penerapan undang-undang keterbukaan informasi publik dengan cara menyajikan kumpulan data yang bisa diakses melalui situs data.jakarta.go.id. Data yang ditampilkan tergolong sebagai ranah publik dan dipasok oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Ibu Kota.

Terdapat 1.008 dataset dan 1.839 file data yang mudah diakses, tanpa perlu akun pengguna ataupun kata kunci. Pada halaman utama, terdapat berbagai kategori yang memuat data tertentu seperti pendidikan, kesehatan, keuangan daerah, kependudukan, perhubungan, lingkungan hidup, sosial, pariwisata dan kebudayaan, pekerjaan umum, dan penanggulangan bencana. Warga juga bisa mencari data berdasarkan lembaga yang dituju melalui http://data.jakarta.go.id/organization atau dengan memilih menu “Organisasi” yang berada di bagian kanan atas halaman utama situs.

Gambar 1. Halaman Utama Situs data.jakarta.go.id

Gambar 2. Tampilan Menu Organisasi di Situs data.jakarta.go.id

Jika ingin mencari data berdasarkan topik, pilihan menu di halaman utama menyajikan tautan tersebut. Topik yang bisa dipilih antara lain keagamaan, kehutanan, pertanian, dan ketahanan pangan, kesatuan bangsa dan politik, serta masih banyak lagi. Untuk warga yang menyukai sajian data visual, Portal Data Terpadu Pemprov DKI Jakarta menyajikan infografis yang bisa diakses melalui menu “Visualisasi” dari halaman utama atau alamat situs http://data.jakarta.go.id/apps/visualisasi. Informasi penting lain yang bisa diakses warga melalui pusat akses data tersebut adalah daftar pemenang lelang pengadaan barang atau jasa di Pemprov DKI Jakarta.

Gambar 3. Tampilan Menu Topik di Situs data.jakarta.go.id

Gambar 4. Tampilan Menu Visualisasi di Situs data.jakarta.go.id

Keberadaan portal data milik Pempov DKI Jakarta ini diharapkan mampu menyajikan informasi yang lengkap, akurat, dan mutakhir, sesuai dengan kebutuhan warga. Hal tersebut penting untuk memenuhi hak publik dan sebagai bentuk penerapan e-government dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

 

Artikel Lainnya

Membangun Cashless Society dengan Sistem Transaksi Non Tunai

Salah satu ciri dari smart city adalah cashless society yang berkembang. Cashless society merupakan komunitas yang dalam transaksi keuangannya tidak lagi menggunakan uang tunai, tetapi sudah dalam ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City