Paparan Inovasi Perencanaan Pembangunan oleh Jakarta Smart City untuk Penjurian Anugerah Pangripta Nusantara

JSC | 9 months ago

Dalam rangka penjurian Anugerah Pangripta Nusantara (APN), tim juri independen yang ditunjuk oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengunjungi Jakarta Smart City Lounge. Pada kunjungan tersebut, unit pengelola Jakarta Smart City berkesempatan memaparkan inovasi yang telah dilakukan untuk menunjang proses perencanaan pembangunan di Ibu Kota.

Penghargaan APN 2017 akan diberikan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang berprestasi dalam perencanaan pembangunan daerah. Tujuannya adalah untuk mendorong setiap daerah agar menyusun dokumen rencana pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan.

Dokumen rencana pembangunan yang akan dinilai harus disusun berdasarkan isu, karakteristik, serta kemampuan daerah. Penghargaan APN akan diserahkan kepada daerah dengan dokumen rencana pembangunan yang handal dan disusun melalui proses partisipatif. Mekanisme penilaiannya dilakukan dalam tiga tahap yaitu penilaian RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) provinsi, verifikasi proses penyusunan RKPD provinsi, serta presentasi dan wawancara.

Beberapa kategori penilaian dalam APN 2017 antara lain Pangripta Nusantara Perencanaan Terbaik Provinsi, Pangripta Nusantara Perencanaan Peningkatan Terbesar Provinsi, Pangripta Nusantara Perencanaan Terbaik Kabupaten, Pangripta Nusantara Perencanaan Terbaik Kota, Pangripta Nusantara Inovasi Terbaik Provinsi, dan Pangripta Nusantara Inovasi Terbaik Kabupaten dan Kota.

Artikel lainnya

Jakarta Ingin Melahirkan Entrepreneur Muda dari Bangku Sekolah

Salah satu indikator smart city adalah smart economy. Dengan mewujudkan perekonomian yang sehat dan selalu berkembang, namun juga memperhatikan aspek lingkungan dan pemerataan kesejahteraan. Selaras ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City