Lumen Helpdesk, Aplikasi Pemberi Informasi untuk Warga

JSC | 5 months ago

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan PT Global Infotech Solution melakukan penandatanganan kerja sama pemanfaatan server IBM Power Linux dan Lumen Helpdesk. Aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan yang dapat dimanfaatkan pemerintah sebagai customer service chatbot.

Fungsinya adalah melayani pertanyaan-pertanyaan dari warga yang dilayangkan melalui pesan instan maupun media sosial. Aplikasi ini nantinya juga dapat memberi informasi tentang hal-hal yang ingin diketahui warga dengan cepat. Misalnya kondisi lalu lintas suatu ruas jalan yang terpantau melalui CCTV, lokasi rumah sakit di suatu wilayah, dan informasi lain yang terintegrasi melalui sistem.

Lumen Helpdesk merupakan pemenang ajang kompetisi IBM Linux Challenge 2016 yang diadakan September lalu. Kompetisi tersebut diinisiasi IBM Indonesia bekerja sama dengan Jakarta Smart City dan mitra lainnya. Lumen menjadi juara pertama setelah mengalahkan 53 proposal lainnya.

Oleh karena itu, PT Global Infotech Solution sebagai mitra IBM Indonesia mendukung Lumen dalam pengembangan aplikasinya dengan memanfaatkan server IBM Power Linux S812LC. Sebagai perusahaan solusi IT, PT Global Infotech Solution berharap dapat mendukung terciptanya kota pintar. Bukan hanya untuk Jakarta, namun juga di seluruh Indonesia.

Artikel lainnya

Teknologi yang Paling Mendefinisikan Smart City (Bagian II)

Selain teknologi pengenalan individu, informasi berbasis lokasi dan pergerakan individu, dan penerapan teknologi untuk mengobservasi dan memahami lingkungan, ada tiga aspek penerapan teknologi lain ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City