Menjaga Stok Bahan Pangan dengan Controlled Atmosphere Storage

JSC | 9 months ago

Kunci kestabilan harga pangan adalah stok yang selalu terjaga. Hal tersebut menjadi masalah jika bahan pangan tersebut produksinya dipengaruhi oleh musim atau cuaca. Contohnya, harga cabai yang melambung saat musim penghujan akibat gagal panen di sejumlah daerah penghasilnya.

Untuk mengatasi hal itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membeli mesin penyimpanan atau Controlled Atmosphere Storage (CAS). Mesin tersebut berfungsi untuk menyimpan bahan pangan segar seperti bumbu pokok, sayuran, dan buah segar. Masa simpan bahan pangan dengan mesin tersebut adalah sekitar enam bulan dengan kapasitas puluhan ton.

Cara kerja CAS adalah dengan menjaga komposisi kadar karbon dioksida dan oksigen agar stabil dalam jumlah tertentu di dalam ruang penyimpanan sehingga memperlambat pematangan dan penuaan bahan pangan segar. Mesin tersebut juga dirancang untuk mempertahankan kondisi optimum. Komponen lingkungan yang dijaga dalam ruang penyimpanan adalah kelembaban udara, suhu, dan pencahayaan yang sesuai untuk memperpanjang masa simpan. Untuk itu, mesin penyimpan juga didukung dengan sistem konstruksi tempat penyimpanan yang presisi dan dilengkapi dengan panel insulasi sehingga tidak terpengaruh kondisi luar.

Dengan penggunaan mesin tersebut, pemerintah diharapkan dapat menyuplai kebutuhan pasar saat produk mulai langka. Sehingga harga bahan pangan terutama yang menjadi kebutuhan pokok warga dapat tetap terjangkau. Rencananya akan ada dua unit CAS yang dibeli. Harga per unitnya diperkirakan mencapai 5,5 miliar rupiah. Jumlah tersebut dianggap pantas demi menjaga tingkat inflasi di Ibu Kota.

Artikel lainnya

Penerapan Kebijakan Ganjil-Genap di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Transportasi terus berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta. Berbagai cara dilakukan, salah satunya dengan memberlakukan kebijakan 3 in 1 ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City