Melacak Rute dan Keberadaan Truk Sampah via Portal Jakarta Smart City

JSC | 1 year ago

Melacak keberadaan truk sampah adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Caranya adalah dengan memasang  alat Global Positioning System (GPS) pada sekitar 1.200 unit kendaraan pengangkut sampah yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Langkah tersebut dilakukan agar lokasi truk pengangkut sampah milik Pemprov DKI terpantau dengan mudah dan untuk mengetahui rute yang dilaluinya. Dengan demikian, penyalahgunaan kendaraan untuk keperluan pribadi dapat dikontrol. Data tracking yang terkumpul juga dimanfaatkan untuk perbaikan manajemen rute pengangkutan sampah agar prosesnya lebih efisien.

Alat pelacak lokasi yang terpasang di truk sampah dilengkapi dengan GPS Tracking System yang menghubungkan GPS dengan portal Jakarta Smart City (JSC). Data yang diperoleh tidak hanya bisa dimanfaatkan pemerintah untuk mengontrol rute perjalanan dan posisi truk sampah, namun juga bisa diakses oleh warga melalui website smartcity.jakarta.go.id/maps.

Informasi tentang truk sampah akan ditampilkan pada peta pada situs dengan memilih menu Dinas Lingkungan Hidup dan mencentang kotak di samping sub menu yang bertuliskan keterangan “Truk Sampah”.

Artikel lainnya

Feeder Baru Transjakarta Kini Lewati Perkampungan Industri Kecil di Penggilingan

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta telah membuka trayek bus pengumpan atau feeder Transjakarta rute Teminal Pulo Gadung –  Terminal Terpadu Pulo Gebang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City