JakCard : Kartu Pendukung Cashless Society di Jakarta

JSC | 2 years ago

JakCard adalah kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran non-tunai. Kartu ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi di tempat-tempat dan perusahaan yang telah bekerjasama dengan bank tersebut. Caranya mudah, hanya dengan mendekatkan kartu  pada mesin pembaca berkat teknologi contactless chip yang tertanam pada kartu tersebut.

Kepraktisan pembayaran dengan JakCard bisa dimanfaatkan warga, salah satunya untuk pembayaran tiket Transjakarta. Pengguna transportasi publik tersebut tidak perlu mengantri di loket halte, cukup dengan melakukan tap in di pintu masuk halte. Jika saldo tidak mencukupi, maka barrier di pintu masuk tidak dapat diputar. Pengguna kartu dapat mengisi ulang saldo JakCard melalui loket yang berada di seluruh halte Transjakarta. Begitu pula jika belum memiliki kartu, penumpang juga bisa membelinya di loket tersebut.

Selain untuk alat pembayaran transportasi, JakCard juga wajib digunakan oleh pengunjung beberapa tempat wisata yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan. Selain untuk menggantikan pembayaran tiket masuk yang dulunya menggunakan uang tunai, kartu tersebut juga bisa digunakan untuk pembayaran parkir. Jika ingin makan di kantin yang terdapat di dalam tempat wisata, pengunjung juga bisa membayar dengan JakCard. Begitu pula dengan wahana-wahana di dalam Ragunan seperti Children Zoo dan Taman Primata.

Tempat lain yang juga telah menerapkan e-ticketing menggunakan Jackard adalah Tugu Monumen Nasional (Monas). Pengunjung yang belum memiliki JakCard dapat membeli kartu perdana yang disiapkan oleh pengelola di loket masuk. Selain itu, pengelola juga menyediakan fasilitas isi ulang bagi pengunjung yang telah memiliki JakCard.

Tiket masuk menggunakan e-ticketing di kedua tempat tersebut hanya diberlakukan untuk masuk perorangan. Sementara untuk pengunjung rombongan masih menggunakan tiket manual karena ada diskon khusus yang belum dapat diproses oleh sistem.

JakCard tidak memiliki batasan masa berlaku selama aktif digunakan dan mempunyai saldo yang cukup. Pemilik JakCard dapat melakukan isi ulang (top up) di kantor layanan Bank DKI tertentu serta tempat-tempat berlogo JakCard Top Up. Cek saldo juga bisa dilakukan di tempat-tempat yang memasang logo tersebut dan juga di bank penerbit JakCard.

Artikel lainnya

Skema Pembayaran dengan Sistem OK OTRIP

Biaya hidup di Ibu Kota relatif lebih tinggi dibandingkan daerah-daerah lain, terutama di Pulau Jawa. Termasuk biaya transportasi yang mencapai sekitar 30% dari biaya hidup di Jakarta. Hal ini menjadi ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City