Membangun Cashless Society dengan Sistem Transaksi Non Tunai

JSC | 1 year ago

Salah satu ciri dari smart city adalah cashless society yang berkembang. Cashless society merupakan komunitas yang dalam transaksi keuangannya tidak lagi menggunakan uang tunai, tetapi sudah dalam bentuk alat penyimpan data keuangan. Baik berupa kartu kredit, kartu debit, maupun uang elektronik. Cara ini adalah upaya mengurangi penggunaan instrumen tunai.

Alat pembayaran tunai yang masih umum digunakan warga cenderung tidak praktis karena harus disediakan dalam berbagai nominal. Uang tunai menjadi beban bank sentral untuk mencetak dan mengendalikan peredarannya. Biaya pencetakan dan redesainnya juga membutuhkan biaya tinggi dan harus dilakukan secara berkala. Selain itu, penggunaan uang tunai dianggap menyulitkan karena perlu dihitung secara manual. Jika jumlahnya banyak, risiko kesalahan penghitungan menjadi lebih besar.

Transaksi non tunai dianggap lebih praktis. Pemindahan dana dengan cara ini juga memungkinkan pencatatan serta pengawasan yang lebih mudah. Sistem cashless akan menyulitkan transaksi-tansaksi ilegal seperti penyuapan dan transaksi barang terlarang karena setiap transaksi akan mudah terlacak. Selain itu, membawa alat pembayaran dalam bentuk kartu tentu lebih aman dan nyaman daripada membawa uang tunai dalam jumlah yang relatif banyak saat beraktivitas sehari-hari.

Transaksi elektronik tidak hanya soal kepraktisan. Kecepatan proses transaksi non tunai sangat berpengaruh pada perekonomian. Pengelolaan keuangan yang dilakukan pemerintah pusat, daerah, maupun dunia usaha pun dapat berlangsung transparan dan akuntabel. Oleh karena itu, cashless society cocok diterapkan untuk Jakarta yang ingin memiliki pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan warga yang bertransaksi dengan cara lebih cerdas.

Artikel lainnya

Antisipasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk Mengurai Kemacetan

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Transportasi dan bekerja sama dengan SKPD terkait, terus berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta. Berbagai cara dilakukan, diantaranya ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City