3 Peran Utama Media Sosial untuk Smart City

JSC | 4 months ago

Perkembangan Jakarta sebagai sebuah smart city masih terus dilakukan dengan berbagai cara. Transparansi dan kemudahan akses data pemerintahan terus digiatkan. Selain itu, informasi terkait kegiatan warga di Ibukota juga berusaha disediakan melalui media yang mudah diakses. Salah satunya melalui media sosial. Media sosial merupakan pendukung penting bagi inisiasi smart city di Jakarta. Berikut beberapa peran media sosial untuk Jakarta Smart City.

 

Media Sosial sebagai Sensor Manusia

Selain mengandalkan alat sensor untuk memantau kondisi sungai termasuk tinggi permukaan air, lalu lintas, kualitas udara, atau cuaca, smart city termasuk Jakarta juga mengandalkan media sosial untuk mengumpulkan informasi tentang hal-hal tersebut. Informasi real time dari warga melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter membantu pemerintah melakukan tindakan yang lebih cepat dan tepat. Termasuk jika ada kejadian luar biasa seperti bencana, kecelakaan, atau kerusuhan.

 

Kunci Penyebaran Informasi

Media sosial yang menjadi konsumsi sehari-hari bagi sebagian besar warga Ibukota adalah alat yang efektif untuk membagikan informasi dari pemerintah. Kebijakan, perkembangan pembangunan, dan informasi fasilitas publik adalah beberapa hal yang dipastikan dapat menjangkau lebih banyak warga jika disampaikan melalui sosial media. Selain langsung dari pemerintah ke warga, informasi juga akan cepat menyebar dari warga ke warga dengan fitur reshare yang tersedia di media sosial.

 

Media Aspirasi dan Kritik dari Warga

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memanfaatkan media sosial sebagai salah satu platform aduan warga. Setiap orang melalui akun media sosialnya bisa melaporkan berbagai hal. Informasi tentang kerusakan fasilitas seperti jalan dan trotoar, pelayanan publik yang tidak memuaskan, parkir liar dan keluhan tentang kebersihan adalah beberapa contoh aduan yang disampaikan warga melalui media sosial. Selain menampung aduan warga, media sosial yang dikelola Pemprov DKI Jakarta juga menerima ide dan saran yang berguna untuk pembangunan Jakarta.

Artikel lainnya

Melacak Rute dan Keberadaan Truk Sampah via Portal Jakarta Smart City

Melacak keberadaan truk sampah adalah salah satu pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Caranya adalah dengan memasang  alat Global Positioning System (GPS) ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City