RPTRA : Fasilitas Umum bagi Warga di Kota Pintar

JSC | 2 years ago

Kota pintar akan terwujud jika warganya pintar dan pemerintah menjalankan fungsinya dengan baik. Konsep smart people di kota pintar bukan hanya tentang kecerdasan individu, namun juga kecerdasan kolektif sebagai sebuah komunitas yang kreatif dan terlibat dalam pembangunan daerahnya. Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Ruang publik dengan berbagai fasilitas tersebut dibangun di permukiman padat penduduk agar manfaatnya terasa langsung oleh warga yang tinggal di sekitar RPTRA.

 

Tempat Bermain, Berolahraga, dan Rekreasi

RPTRA dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak dan taman yang nyaman untuk warga berinteraksi. Selain untuk acara khusus anak-anak seperti mendengarkan dongeng, lomba mewarnai, dan pagelaran seni anak, fasilitas publik tersebut juga menyediakan tempat olahraga dan rekreasi.

Jika sebelumnya harus mengeluarkan uang untuk melepas penat, kini kehadiran RPTRA di lokasi-lokasi yang dekat dengan warga dapat mempermudah mereka untuk berekreasi dengan suasana menyenangkan, kekeluargaan, sekaligus menjadi tempat melakukan hobi. Dengan demikian, kebahagiaan warga Ibukota diharapkan meningkat dan selanjutnya mampu meningkatkan kualitas hidupnya.

 

Bersosialisasi Sekaligus Berkarya

Bukan hanya sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi antar warga, RPTRA juga kerap menjadi tempat pelatihan dan pementasan seni budaya. Selain berkesenian, warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk bertanam, melakukan pengolahan sampah, atau mengadakan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan taraf hidup. Adanya kegiatan positif yang bisa dilakukan warga juga diharapkan bisa menurunkan angka kriminalitas, penyalahgunaan narkoba, sekaligus pemberdayaan komunitas untuk pengembangan lingkungan-lingkungan di Jakarta.

 

Belajar dan Berkumpul Bagi Anak

Sebagai ruang publik yang ramah anak, RPTRA tidak hanya memfasilitasi anak-anak untuk bermain, namun juga belajar. Terdapat perpustakaan dengan beragam buku bacaan, buku penunjang pelajaran sekolah, juga mainan edukatif untuk memfasilitasi perkembangan otak anak.

Beberapa RPTRA juga menjadi tempat pelaksanaan program kejar paket untuk anak-anak putus sekolah. Untuk memudahkan akses informasi yang lebih luas, pemerintah menyediakan akses internet. RPTRA juga dilengkapi dengan penerangan yang memadai dan CCTV agar memudahkan pengawasan serta menambah faktor keamanan bagi warga yang beraktivitas di fasilitas umum tersebut.

Artikel lainnya

Peran Teknologi untuk Persiapan dan Penyebaran Informasi Kemerdekaan Republik Indonesia

Penggunaan teknologi tidak bisa lepas dari keseharian manusia. Termasuk dulu, saat bangsa Indonesia mempersiapkan kemerdekaannya. Ada cerita menarik terkait teknologi yang digunakan saat itu. Jika ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City