Mengantisipasi, Memantau, dan Mengatasi Banjir Melalui Jakarta Smart City

JSC | 1 year ago

Intensitas hujan yang tinggi pada awal tahun ini membuat Ibukota rawan bencana akibat luapan air dari sungai-sungai yang melewatinya. Data ketinggian permukaan air sungai tersebut kini bisa terpantau berkat pemasangan Automatic Water Level Recorder (AWLR). Kondisi perairan yang terpantau oleh alat tersebut adalah Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Krukut, Bendungan Polor, Kali Angke, Kali Pesangggrahan, dan Kali Item.

Untuk mengetahui kondisi terkini pada daerah yang terlanda banjir, Pemeritah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa memantau melalui Jakarta Smart City. Caranya dengan memanfaatkan 5.600 kamera pengawas Closed Circuit Television (CCTV) yang telah terhubung dengan portal Jakarta Smart City. Pemantauan kondisi terkini Ibukota, termasuk jika terjadi banjir bisa diketahui secara real time.

Kedua informasi tentang tinggi permukaan air sungai dan tampilan CCTV tersebut dapat dipantau melalui Command Center, Jakarta Smart City Lounge. Command Center dilengkapi dengan sistem Intelegent Operational Center (IOC) untuk monitoring dan analisis semua kejadian yang ada di Jakarta. Berkat penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang mumpuni, fasilitas Command Center di JSC Lounge menjadi pusat koordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD. Koordinasi tersebut penting untuk penanganan suatu kejadian atau permasalahan yang terjadi di Jakarta.Termasuk jika terjadi ancaman banjir.

Tidak hanya pemerintah yang bias mengakses informasi ini, warga pun bisa mengakses informasi-informasi tersebut secara langsung melalui website Jakarta Smart City, smartcity.jakarta.go.id/maps. Selain itu, warga bisa berperan aktif dengan melaporkan banjir melalui akun Twitter PetaBencana.id yang bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Artikel lainnya

Si Pitung, Jagoan Betawi dalam Film

Siapa yang tak kenal dengan Si Pitung, jagoan Betawi yang terkenal dengan kepeduliannya, selalu membela dan menolong rakyat kalangan bawah. Tokoh legendaris asli betawi ini bahkan seringkali disebut ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City