Cara Cerdas Penggunaan Energi di Ibukota

JSC | 3 years ago

Salah satu indikator smart city yang berusaha diwujudkan Jakarta adalah smart environment. Selain memastikan melakukan pembangunan yang ramah lingkungan, hal lain yang juga diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah penggunaan energi yang ramah lingkungan. Penerapan kedua hal tersebut diharapkan juga dapat menunjang terwujudnya indikator-indikator lain seperti smart living dan smart economy.

Masalah energi sangat berpengaruh terhadap kehidupan urban, seperti Jakarta. Oleh karena itu, pemerintah DKI Jakarta mulai melakukan langkah-langkah penghematan energi sekaligus menggunakan alternatif sumber energi terbarukan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Salah satu contoh langkah yang telah ditempuh untuk melakukan penghematan energi di Ibukota adalah penggunaan Smart PJU (Penerangan Jalan Umum). Sebanyak 90.000 lampu penerangan jalan diganti dengan LED hemat energi. Potensi penghematan konsumsi energi listrik yang bisa dicapai adalah sekitar 40% jika dibandingkan dengan penggunaan lampu jalan konvensional. Penghematan energi tersebut masih bisa bertambah hingga 60% sampai dengan 70% karena Smart JPU bisa melakukan dimming control atau pengaturan intensitas pencahayaan sesuai dengan kebutuhan lingkungan.

Selain itu, pemerintah juga memaksimalkan pemanfaatan energi matahari untuk menghasilkan listrik. Sebagai contoh, penggunaan solar panel pada lampu taman, lampu lalu lintas (traffic light), dan Automatic Water Level Recorder (AWLR) untuk mengukur tinggi permukaan air di sungai-sungai Ibukota. Penggunaan panel surya untuk memanen energi dari sinar matahari dinilai lebih ramah lingkungan. Tidak seperti listrik konvensional yang dihasilkan dengan energi dari minyak bumi dan batu bara, panel surya tidak menghasilkan emisi gas buang yang menimbulkan polusi dan merupakan jenis sumber energi yang terbarukan.

Pilihan sumber energi alternatif tersebut dinilai tepat untuk negara tropis dengan penyinaran matahari yang maksimal seperti Indonesia. Pemanfaatan energi dari sinar matahari juga merupakan langkah nyata untuk menghindari krisis energi yang mungkin dihadapi jika hanya bergantung pada energi dari bahan yang tidak terbarukan seperti batu bara atau minyak bumi.

Artikel lainnya

Feeder Baru Transjakarta Kini Lewati Perkampungan Industri Kecil di Penggilingan

Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta telah membuka trayek bus pengumpan atau feeder Transjakarta rute Teminal Pulo Gadung –  Terminal Terpadu Pulo Gebang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City