Cek Riwayat Kesehatan dengan Fitur Skrining di Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

JSC | 5 months ago

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melakukan acara peluncuran fitur mobile screening dengan nama Skrining Riwayat Kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di beberapa tempat di Indonesia, termasuk Jakarta. Fitur tersebut berfungsi untuk membantu warga mengecek kesehatan serta konsultasi penyakit melalui telepon seluler. Dengan adanya tambahan fitur ini, pengecekan dini potensi kesehatan bisa dilakukan lebih mudah.

Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile dapat diunduh melalui Google Play Store. Selain menu skrining, aplikasi milik BPJS Kesehatan tersebut juga menyediakan menu lain untuk mengecek status kepesertaan, data tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, dan catatan pembayaran. Untuk bisa mengakses aplikasi, pengguna harus melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan.

Setelah terdaftar dan masuk ke aplikasi melalui tombol log in, pengguna dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan. Ada 47 pertanyaan tentang kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan yang harus diisi. Berdasarkan pengisian pertanyaan ini, maka pengguna BPJS kesehatan akan mendapatkan hasil pengecekan risiko penyakit yang mungkin diderita meliputi diabetes, hipertensi, jantung, dan ginjal.

Jika pengguna aplikasi tersebut terdeteksi memiliki risiko kesehatan sedang hingga berat, maka akan muncul pemberitahuan untuk segera memeriksakan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar. Akan tetapi jika hasil skrining menunjukkan pengguna memiliki risiko rendah, maka akan tercantum saran-saran kesehatan seperti anjuran pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap hari.

Semakin dini peserta BPJS Kesehatan mengetahui kondisi kesehatannya, maka semakin cepat upaya pengelolaan risiko sehingga jumlah penderita penyakit kronis dapat menurun. Efek jangka panjang yang diharapkan adalah menurunnya pembiayaan penyakit-penyakit tersebut, sehingga program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat terus memberikan manfaat kepada peserta yang membutuhkan.

Artikel lainnya

Berbagai Informasi Jakarta, Kini Ada di Jakarta Smart City

Berbagai permasalahan memang masih mengelilingi Ibu Kota DKI Jakarta, namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu berusaha untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Pada tanggal 15 Desember ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City