Keamanan Data dan Jaringan di Jakarta Smart City

JSC | 10 months ago

Teknologi jaringan untuk mendukung sistem di smart city yang telah diterapkan di Jakarta ditujukan untuk mempermudah kehidupan warga. Walaupun demikian, bukan berarti inovasi tersebut tidak berisiko. Serangan cyber bisa mengancam keamanan data dan berpotensi penyalahgunaan data tersebut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, pengamanan jaringan perlu diterapkan termasuk oleh Jakarta Smart City. Salah satu cara untuk menjaga keamanan data dan jaringan smart city adalah dengan menggunakan firewall. Sistem keamanan jaringan tersebut digunakan untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas akses jaringan keluar dan masuk berdasarkan kebijakan keamanan yang telah ditetapkan.

Firewall merupakan penghalang antara jaringan internal yang aman dan terpercaya dengan jaringan luar yang diasumsikan tidak aman dan tidak terpercaya. Pada kasus tertentu, beberapa sistem jaringan atau data yang dianggap sangat penting lebih baik tidak terhubung sama sekali dengan koneksi internet luar.

Selain menjaga sistem dari serangan cyber, kebijakan akses data juga merupakan hal penting. Kebijakan ini mengatur dan membatasi siapa saja yang dapat mengakses suatu jaringan atau data. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari akses yang tidak diinginkan pada jaringan atau data penting.

Artikel lainnya

HackJAK 2017, Pemanfaatan Data Ruang Publik untuk Jakarta yang Lebih Adil dan Inklusif

Apakah kamu adalah programmer, designer grafis, arsitek atau perencana kota yang peduli terhadap keberadaan ruang publik di Jakarta? Ingin agar ruang publik berupa trotoar, jembatan penyeberangan, ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City