Smart Parking, Teknologi Penyedia Informasi Parkir sebagai Pendukung Sistem Transportasi Ibukota

JSC | 2 years ago

Sistem pelayanan parkir yang memadai merupakan syarat penting untuk kelancaran sistem transportasi di kota besar, termasuk Jakarta. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan fasilitas park and ride. Tempat parkir kendaraan pribadi tersebut ditujukan bagi warga yang akan melanjutkan perjalannya dengan angkutan umum seperti bus atau kereta.

Park and ride dibangun untuk menarik minat lebih banyak orang untuk beralih menggunakan angkutan umum. Hal ini tentu bertujuan agar kemacetan di Ibukota bisa berkurang. Kebutuhan ruang parkir di pusat kota yang semakin tinggi juga diharapkan dapat teratasi dengan adanya lokasi park and ride. Selain itu, berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi tentu bisa menurunkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas penyebab polusi udara di wilayah perkotaan.

Walaupun saat ini pelayanan parkir sudah banyak menggunakan sistem terkomputerisasi dalam pengoperasiannya, tetapi  pengguna  parkir sering mengalami kesulitan mencari  tempat  parkir yang masih tersedia. Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem yang bisa memberikan informasi tentang ketersediaan tempat parkir secara real time.

Informasi mengenai ruang parkir yang kosong bisa didapatkan dari detektor di lokasi parkir. Data tersebut kemudian dikirim ke pusat pengendalian atau pusat informasi dan selanjutnya dikomunikasikan kepada pengguna parkir. Warga bisa mengetahui informasi tersebut melalui rambu yang terdapat di jalan raya maupun di lokasi parkir. Kelak, informasi parkir diharapkan juga bisa didapatkan melalui internet atau aplikasi khusus yang bisa diakses setiap saat dengan mudah oleh warga.

Dengan informasi yang akurat, maka waktu yang hilang untuk mencari ruang parkir kosong bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas warga Ibukota. Jika suatu saat teknologi smart parking diterapkan di Ibukota dan wilayah lain di sekitarnya, maka diharapkan minat pengguna angkutan massal semakin meningkat dan kehidupan warga akan semakin mudah.

Artikel lainnya

Optimalisasi Penerimaan Pajak dengan Electronic Point of Sales

Salah satu usaha Pemprov DKI Jakarta untuk mengoptimalisasi penerimaan pajak pada tahun 2017 adalah dengan mewajibkan penggunaan alat Electronic Point of Sales. Alat tersebut wajib digunakan di tempat ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City