Pemanfaatan Teknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta Smart City

JSC | 10 months ago

Internet of Things yang juga dikenal dengan IoT merupakan sebuah konsep yang masih terus berkembang sehingga tidak memiliki definisi pasti. IoT menggunakan pemrograman untuk menghasilkan interaksi antar mesin tanpa campur tangan manusia. Interaksi tersebut memanfaatkan konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Komunikasi antar mesin atau benda yang menggunakan teknologi IoT dapat berupa pertukaran data atau pengendalian jarak jauh. Teknologi tersebut juga menjadi pendukung utama pembangunan kota pintar atau smart city. Jakarta Smart City sebagai unit pengelola kota pintar di DKI Jakarta telah mengaplikasikan teknologi tersebut di berbagai bidang, antara lain sebagai berikut.

CCTV Online

Kamera pemantau yang terhubung dengan jaringan internet telah tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Kamera pemantau tersebut terhubung dengan portal Jakarta Smart City dan bisa diakses oleh setiap orang melalui website. Fasilitas CCTV online diharapkan dapat digunakan untuk memantau kondisi Ibukota secara real time dan meningkatkan keamanan warga.

Pelacak Lokasi Truk Sampah

Sensor Global Positioning Satelite (GPS) telah terpasang di truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta. Hal ini bertujuan untuk memantau lokasi truk pengangkut sampah tersebut, sekaligus mengetahui rute yang dilaluinya. Dengan demikian, penyalahgunaan kendaraan untuk keperluan pribadi dapat dikontrol. Selain itu, pemerintah dapat melakukan manajemen rute agar proses pengangkutan sampah lebih efisien berdasarkan data rute tracking.

Pelacak Lokasi Bus Transjakarta

Armada Transjakarta terkoneksi dengan GPS sehingga pergerakan bus dapat terpantau. Selain untuk memantau kondisi armada di lapangan, tracking bus Transjakarta juga berguna untuk mencatat jarak tempuh dan datanya digunakan sebagai informasi pembayaran tagihan operator. Warga bisa memantau pergerakan bus Transjakarta melalui portal Jakarta Smart City. Selain itu, TransJakarta juga bekerja sama dengan Google Maps dengan menghadirkan fitur transit yang menghadirkan informasi real time tentang lokasi bus Transjakarta. Dengan fitur ini, setiap orang bisa memantau pergerakan armada dan bisa melihat waktu tempuhnya.

Teknologi CityTouch

CityTouch merupakan sistem manajemen penerangan jalan umum berbasis web. Teknologi ini memungkinkan pemantauan lampu penerangan jalan secara real time. Setiap titik lampu terkoneksi melalui jaringan seluler ke pengelola yaitu Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta. Jika terjadi gangguan dan kerusakan pada lampu, maka petugas bisa menindaklanjuti tanpa harus menunggu laporan warga atau pemeriksaan rutin

Automatic Water Level Recorder

Automatic Water Level Recorder (AWLR) adalah alat pengukur tinggi muka air untuk memonitor ketinggian permukaan sungai di Jakarta. Seluruh AWLR yang terpasang di sungai-sungai yang terdapat di Ibukota dapat melaporkan kondisi permukaan air setiap dua menit ke website monitoring BPBD DKI Jakarta. Informasi tersebut dapat dipantau oleh Dinas terkait sehingga dapat memberikan peringatan dini apabila ketinggian air mulai meningkat.

IoT dapat dipastikan akan terus merambah berbagai bidang, tidak terkecuali pemerintahan dan tata kelola kota. Hal ini mungkin terjadi karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Perkembangan teknologi IoT yang dimanfaatkan dengan tepat, tentu akan bermanfaat untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota pintar yang nyaman bagi warganya.  

Artikel lainnya

RSUD Pasar Minggu: Rumah Sakit Umum Pertama di Jakarta Selatan

RSUD Pasar Minggu merupakan Rumah Sakit Umum Daerah pertama di Jakarta Selatan. Sebelumnya, di Jakarta Selatan belum ada Rumah Sakit Umum Daerah, sehingga pasien di wilayah Jakarta Selatan yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City