Optimalisasi Penerimaan Pajak dengan Electronic Point of Sales

JSC | 2 years ago

Salah satu usaha Pemprov DKI Jakarta untuk mengoptimalisasi penerimaan pajak pada tahun 2017 adalah dengan mewajibkan penggunaan alat Electronic Point of Sales. Alat tersebut wajib digunakan di tempat usaha seperti restoran, rumah makan, dan tempat hiburan.

Electronic Point of Sales memiliki sistem yang terkomputerisasi sehingga dapat memproses transaksi keuangan layaknya mesin kasir. Selain itu, alat tersebut dilengkapi dengan sistem manajemen yang terintegrasi dengan perhitungan pajak. Electronic Point of Sales mencatat atau merekam nominal pajak yang wajib dikeluarkan oleh pengusaha secara real time dan terhubung secara online dengan Dinas Pelayanan Pajak Pemprov DKI Jakarta. Konsumen juga dapat mengetahui pajak yang dibebankan secara langsung dari nota pembayaran.

Apabila aliran listrik terhenti, alat tersebut dapat menggunakan daya dari baterai. Gangguan pada perangkat Electronic Point of Sales dapat dideteksi oleh Dinas Pelayanan Pajak Pemprov DKI Jakarta, termasuk jika pihak pemilik usaha melakukan kecurangan seperti memutus atau menonaktifkan jaringan.

Perekaman dan perhitungan pajak secara otomatis melalui Electronic Point of Sales memungkinkan berkurangnya tatap muka antara pemilik usaha sebagai wajib pajak dengan petugas pajak. Dengan demikian, kecurangan perhitungan pajak dapat dihindari. Pemerintah akan memberikan sanksi bagi tempat usaha yang belum menggunakan alat tersebut pada pertengahan 2017.

Dengan penerapan alat Electronic Point of Sales, Pemprov DKI Jakarta menargetkan penerimaan pajak restoran hingga dua triliun rupiah per tahun. Dana dari pajak merupakan salah satu sumber utama untuk belanja pegawai, pembiayaan berbagai proyek pembangunan, pengadaan barang, serta fasilitas dan peningkatan pelayanan bagi warga.

Artikel lainnya

Cara Baru Pengaplikasian Sensor Kualitas Udara di Smart City

Polusi udara adalah masalah sehari-hari yang harus dihadapi warga Ibukota. Berbagai macam polusi udara seperti asap kendaraan bermotor dan limbah udara yang dihasilkan sektor industri, bisa bertahan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City