Kelebihan Aplikasi Citizen Relation Management (CRM) sebagai Pengganti Cepat Respon Opini Publik (CROP)

JSC | 2 years ago

Sebagai upaya menyempurnakan aplikasi CROP (Cepat Respon Opini Publik), Pemprov DKI Jakarta mengembangkan aplikasi Citizen Relation Management yang disingkat menjadi CRM. Seperti halnya CROP, CRM digunakan aparatur pemerintahan di lingkungan Provinsi DKI Jakarta untuk menampung dan menindaklanjuti laporan warga. Aplikasi tersebut juga diharapkan dapat membantu dinas dan kelurahan agar dapat berkoordinasi dan menyelesaikan laporan warga dengan lebih mudah.

CRM dirancang untuk memenuhi kekurangan pendahulunya yaitu CROP. Aplikasi ini diklaim dapat terintegrasi lebih stabil dengan Qlue sehingga laporan warga dapat tertampung dengan lebih baik. Selain itu, CRM memiliki fitur yang lebih lengkap sehingga mempermudah pemantauan laporan, koordinasi antar pihak terkait lebih mudah, pembagian laporan lebih jelas, dan perhitungan ranking dinas dan kelurahan yang lebih transparan.

Aplikasi CRM dapat diakses oleh petugas Pemprov DKI Jakarta melalui website. Selain itu, CRM mobile juga tersedia untuk perangkat Android dengan mengunduh aplikasi melalui Google Play Store. Penggunaan aplikasi ini telah disosialisasikan melalui program bimbingan teknis (bimtek) dan simulasi CRM. Dengan pelatihan tersebut, peserta diharap dapat menyebarkan pengetahuan yang diperoleh kepada rekan kerja di unit tempatnya bertugas dan meningkatkan pelayanan bagi warga.

 

Artikel lainnya

Revolusi Penilaian Lurah dan Camat

Para Lurah dan Camat di Jakarta harus bersiap menerima tantangan baru. Setelah Gubernur Basuki Tjahaja Purnama memberikan tantangan untuk menjadi manajer wilayah, saat ini penilaian kinerja mereka ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City