i-Jakarta Center: Pusat Operator Layanan Perpustakaan Digital Ibukota

JSC | 9 months ago

Layanan perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta yaitu i-Jakarta, kini telah memiliki ruangan operator khusus. Fasilitas yang disebut i-Jakarta Center menandai perkembangan i-Jakarta pada tahun ini. Pusat perpustakaan digital ini terletak di gedung BPAD DKI, Jalan Perintis Kemerdekaan Raya, Pulogadung, Jakarta Timur.

Aplikasi i-Jakarta merupakan perpustakaan digital pertama di Indonesia. Pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan platform media sosial tersebut untuk mengakses buku-buku digital, membangun jaringan atau komunitas dengan pembaca lain, dan juga berfungsi sebagai e-reader atau aplikasi untuk membaca buku elektronik. iJakarta dapat diakses melalui berbagai perangkat mulai dari desktop dan PC, laptop, dan smartphone, baik yang dilengkapi dengan sistem operasi Android maupun iOS

Untuk memanfaatkan i-Jakarta, pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu menggunakan akun Facebook atau email. Seperti halnya akun media sosial, pengguna i-Jakarta dapat mengatur profil akun melalui menu profile setting. Beberapa pengaturan yang dapat dilakukan yaitu avatar, username, alamat email, tempat tinggal, password, dan biografi.

Setelah mendaftar dan melengkapi identitas, pengguna i-Jakarta dapat mengakses buku digital melalui menu Library yang merupakan katalog buku. Pencarian buku dapat dilakukan melalui fitur pencarian judul buku atau berdasarkan kategori. Bukan hanya untuk mengakses buku digital, pengguna juga dapat mengikuti atau diikuti oleh pengguna i-Jakarta lain seperti fitur yang terdapat di media sosial.

Ada tiga level status pengguna layanan aplikasi perpustakaan digital tersebut yaitu Newbie, Bookworm, dan Socializer. Untuk naik level dari Newbie ke Bookworm, maka pengguna harus mengunggah lebih dari lima komentar terkait buku yang telah dibaca, mengunduh minimal sepuluh buku, dan membaca minimal lima buku. Sedangkan untuk naik dari level Bookworm ke Socializer, pengguna harus mengikuti minimal sepuluh pengguna lain, merekomendasikan minimal lima buku, berbagi info tentang detail buku minimal sebanyak sepuluh kali, dan mendapatkan sepuluh pengikut.

Kemudahan akses bahan bacaan berupa buku-buku digital melalui i-Jakarta diharapkan dapat meningkatkan minat membaca warga dengan lebih cepat, dibandingkan dengan pengadaan perpustakaan konvensional. Hingga saat ini, i-Jakarta sudah diunduh sebanyak 155.685 kali, memuat 4.149 judul buku digital, dan jumlah copy buku digital mencapai 12.977. Rata-rata ada 3.000 buku digital yang dipinjam oleh pengguna i-Jakarta tiap harinya. Sementara itu, jumlah pengunjung aktif dari layanan perpustakaan digital tersebut tercatat sekitar 80.000.

Artikel lainnya

Jakarta Smart City Kembangkan Sistem Manajemen Sampah

Permasalahan sampah yang begitu komplek membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bekerja keras untuk menanganinya. Unit Pengelola Teknis (UPT) Jakarta Smart City bersama Dinas Pendidikan sedang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City