Automatic Water Level Recorder: Alat Pengukur Tinggi Muka Air untuk Penanganan Banjir di Ibukota

JSC | 2 months ago

Pemprov DKI Jakarta telah memiliki enam Automatic Water Level Recorder (AWLR) atau alat pengukur tinggi muka air sebagai salah satu upaya penanganan banjir di Ibukota. Alat ini digunakan untuk memonitor ketinggian permukaan sungai dan telah terpasang di enam lokasi sungai.

Lokasi pertama adalah di Jembatan Kali Cipinang, Jalan Radar Auri, Cibubur, Jakarta Timur sejak bulan September 2016. Pemasangan di Kali Cipinang dianggap strategis karena terletak di daerah hulu yang berbatasan dengan Cimanggis, Depok. Di Jakarta Timur, AWLR juga terpasang di Jembatan Kali Sunter Hulu, Pondok Ranggon, Cipayung.

Di Jakarta Selatan, AWRL terpasang di Kali Krukut Hulu, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Di Jakarta Barat, terpasang di Bendungan Polor, Kali Angke Hulu dan di Kali Pesangggrahan, Srengseng. Lokasi lain yang juga dianggap perlu untuk dilengkapi dengan AWRL adalah Kali Item, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Kepala Sub Bidang Pemerintahan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Dany Sumirat menyatakan seluruh alat pemantau tersebut bernilai Rp700 juta dan pengadaannya menggunakan dana APBD Jakarta 2016. Selain lebih ramah lingkungan karena menggunakan energi matahari, AWLR juga dapat melaporkan kondisi permukaan air setiap dua menit ke website monitoring BPBD DKI Jakarta. Warga bisa ikut melakukan pemantauan dan memanfaatkan data spasial dari AWLR di seluruh Jakarta dengan mengakses situs gis.bpbd.jakarta.go.id.

 

Sumber foto: http://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/images/preview/20140123_190027_normalisasi-kali-pesanggrahan.jpg

Artikel Lainnya

Predikat Kota Sehat sebagai Ketercapaian Indikator Smart Living bagi Jakarta

Pemprov DKI Jakarta akan kembali mengikuti penilaian Kota Sehat pada 2017 mendatang. Untuk itu, berbagai persiapan mulai dilakukan untuk mempertahankan predikat Kota Sehat di Ibukota. Salah satunya ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City