Predikat Kota Sehat sebagai Ketercapaian Indikator Smart Living bagi Jakarta

JSC | 2 months ago

Pemprov DKI Jakarta akan kembali mengikuti penilaian Kota Sehat pada 2017 mendatang. Untuk itu, berbagai persiapan mulai dilakukan untuk mempertahankan predikat Kota Sehat di Ibukota. Salah satunya adalah dengan mengundang perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan evaluasi sehingga pemerintah Jakarta mengetahui aspek-aspek penilaian Kota Sehat yang perlu ditingkatkan.

Penilaian untuk predikat Kota Sehat didasarkan pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat dan dilakukan setiap dua tahun sekali dalam rangka pemberian penghargaan Kota Sehat.

Pada 2015 lalu, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi bagi Kota Sehat. Sementara itu, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan dianugerahi gelar Swasti Saba Wiwerda, serta Kepulauan Seribu meraih Swasti Saba Padapa.

Indikator khusus yang harus dipenuhi sebagai Kota Sehat terkait kawasan pemukiman yaitu udara bersih, air sungai bersih, penyediaan air bersih untuk individu dan umum, pembuangan air limbah domestik, pengelolaan sampah, pertamanan dan hutan kota, sekolah, pengelolaan pasar, sarana olahraga, rekreasi, dan taman bermain anak-anak, penataan sektor informal seperti pedagang kaki lima dan industri rumah tangga. Selain terkait pemukiman, indikator Kota Sehat juga meliputi kawasan tertib lalu lintas  dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata, kawasan industri dan perkantoran, kawasan pertambangan, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan sosial yang sehat.

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk memenuhi indikator Kota Sehat. Bukan hanya diharapkan dapat kembali mendapat penghargaan, tetapi juga untuk memenuhi ketercapaian indikator smart living dalam mewujudkan smart city.

 

Sumber foto: https://ciptadestiara.files.wordpress.com/2014/11/193875_ruang-terbuka-hijau-jakarta_663_382.jpg

Artikel Lainnya

Smart Parking, Teknologi Penyedia Informasi Parkir sebagai Pendukung Sistem Transportasi Ibukota

Sistem pelayanan parkir yang memadai merupakan syarat penting untuk kelancaran sistem transportasi di kota besar, termasuk Jakarta. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan fasilitas park and ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City