SPBU Apung untuk Memenuhi Kebutuhan Bahan Bakar di Kepulauan Seribu

JSC | 11 months ago

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kepulauan Seribu dengan sistem apung akan dimulai pengerjaannya bulan Januari 2017 mendatang. Dengan bekerja sama dengan perusahaan swasta, SPBU apung disediakan untuk kapal nelayan sehingga mereka tidak perlu lagi membeli bahan bakar ke darat atau di pangkalan.

SPBU apung merupakan solusi yang dianggap tepat untuk penyediaan bahan bakar di Kepulauan Seribu karena penyediaan sarana SPBU yang didirikan oleh PT Pertamina sulit direalisasikan. Menurut Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, pembangunan SPBU konvensional sulit dilaksanakan karena perhitungan untung rugi.

Pemerintah bersama dengan investor yang akan mendirikan SPBU apung menjamin harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual sama dengan di daratan Jakarta. Selain itu, SPBU tersebut nantinya hanya melayani penjualan solar untuk nelayan dengan sistem kartu sehingga penjualan BBM bisa dibatasi untuk nelayan atau pemilik kapal di bawah 25 Gross Tonnage (GT). Walaupun dirancang agar bisa berpindah-pindah, lokasi SPBU apung akan berada di seputar Pulau Karya, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara. 

 

Sumber foto: http://beritatrans.com/cms/wp-content/uploads/2014/11/Ojek-Kapal.jpg

Artikel lainnya

i-Jakarta Center: Pusat Operator Layanan Perpustakaan Digital Ibukota

Layanan perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta yaitu i-Jakarta, kini telah memiliki ruangan operator khusus. Fasilitas yang disebut i-Jakarta Center menandai perkembangan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City