Teknologi yang akan Digunakan untuk Sistem Electronic Road Pricing di Jakarta

JSC | 3 months ago

Penerapan sistem ERP merupakan salah satu solusi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyelesaikan masalah kemacetan di Ibukota. Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menargetkan penerapan sistem jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) terealisasi tahun 2017. Saat ini, pemerintah sedang mempelajari penggunaan teknologi yang tepat untuk diterapkan pada sistem ERP yang akan digunakan di Jakarta.

Ada beberapa pilihan teknologi yang bisa diterapkan untuk sistem ERP di Jakarta. Berikut diantaranya.

  1. ERP berbasis komunikasi jarak pendek (Dedicated Short Range Communication/DSRC)

Teknologi ini menggunakan metode pengurangan saldo di jalur masuk pada jalan yang diterapkan sistem ERP dengan mengakses on-board unit yang terpasang di kendaraan. Teknologi ini membutuhkan pemasangan gerbang khusus sebagai pengenal kendaraan yang masuk ke jalur dengan sistem ERP.

  1. Automatic Number Plate Recognition (ANPR)

Teknologi ini menggunakan metode pengenalan nomor plat mobil dari kamera yang dipasang di titik-titik tertentu pada ruas jalan yang diterapkan sistem ERP, sehingga tidak diperlukan pemasangan on-board unit pada kendaraan. Pembayaran dilakukan melalui central account yang terkoneksi dengan data nomor kendaraan, sehingga diperlukan pusat data nomor kendaraan yang akurat serta terkoneksi dengan akun perbankan pemilik kendaraan.

  1. Global Positioning System (GPS)

Penerapan teknologi ini pada sistem ERP membutuhkan bantuan satelit untuk mengetahui keberadaan kendaraan yang berada di jalur-jalur yang diterapkan sistem ERP. Dengan teknologi ini, pemasangan gantry atau gerbang pendeteksi on-board unit tidak diperlukan karena mobil yang memasang on-board unit bisa terdeteksi secara otomatis dari satelit saat memasuki jalan-jalan yang menerapkan ERP.

Walaupun Jakarta masih menimbang kekurangan dan kelebihan masing-masing teknologi tersebut, ERP dinilai telah berhasil diterapkan di beberapa negara lain seperti Singapura, Hongkong, dan negara-negara di Eropa. Selain itu, ERP dapat mendorong warga untuk berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan umum dan memperbaiki kualitas lingkungan. Sistem ERP dinilai lebih bermanfaat karena pendapatan dari sistem tersebut bisa digunakan untuk peningkatan sarana dan prasarana jalan dan transportasi umum. 

 

Sumber foto: http://www.babastudio.com/old-blog/wp-content/uploads/2014/07/erp4-detak-berita.jpg?/blog/wp-content/uploads/2014/07/erp4-detak-berita.jpg

Artikel Lainnya

Kemudahan Mengembangkan Aplikasi dengan Bantuan Situs Penyedia API dari Pemprov DKI Jakarta

Demi mewujudkan Jakarta Baru yang mendukung kolaborasi warga melalui pemanfaatan teknologi, Pemprov DKI Jakarta menyediakan Application Programming Interface (API) bagi pengembang melalui ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City