Kapal Sekolah Gratis untuk Pelajar di Kepulauan Seribu

JSC | 2 years ago

Pelajar di Kepulauan Seribu saat ini dapat menikmati fasilitas kapal gratis yang disediakan oleh Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Seribu. Ada sepuluh kapal gratis yang disediakan untuk melayani rute dari Pulau Panggang ke Pulau Pramuka dan dari Pulau Pari ke Pulau Tidung.

Untuk meningkatkan kedisiplinan, pemerintah menetapkan bahwa siswa yang berangkat terlambat atau lebih dari pukul 06.00 akan dikenakan tarif sebesar 2.500 rupiah, seperti penumpang umum lain. Pengumuman tentang kebijakan ini dipasang di setiap kapal sekolah. Dengan demikian, waktu bagi siswa untuk dapat menikmati fasilitas transportasi ini secara cuma-cuma adalah pukul 05:30-06:00. Pengawasan untuk penerapan aturan tersebut dilakukan oleh guru, Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Sudinhubtrans) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Saat ini, kapal yang digunakan disewa dari pemilik kapal ojek di Kepulauan Seribu. Pada bulan Desember, Sudinhubtrans Kepulauan Seribu akan menyediakan tiga kapal sekolah dengan fasilitas yang lebih layak dan memadai. Namun kapal sewa akan tetap digunakan untuk dialokasikan ke wilayah lain. Penempatan dan rute kapal telah ditentukan oleh Suku Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Seribu.

Selain itu, Perusahaan pertambangan minyak, China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) akan menyediakan kapal berukuran diatas 7 Gross Tonnage (GT) dengan kecepatan 15-17 knot dan memiliki kapasitas 150 hingga 200 tempat duduk untuk menambah jumlah kapal yang mengantar siswa. Kapal sekolah tersebut direncanakan akan dibuat lebih nyaman daripada kapal penumpang biasa dan dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan dan kantin di lantai dua kapal. Pengadaan kapal dengan anggaran sekitar 1,5 hingga 2 miliar rupiah tersebut akan menggunakan proses lelang sehingga memakan waktu sedikitnya enam bulan.

Artikel lainnya

Kemudahan Mengembangkan Aplikasi dengan Bantuan Situs Penyedia API dari Pemprov DKI Jakarta

Demi mewujudkan Jakarta Baru yang mendukung kolaborasi warga melalui pemanfaatan teknologi, Pemprov DKI Jakarta menyediakan Application Programming Interface (API) bagi pengembang melalui ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City