LED Smart System untuk Penerangan Jalan Ibu Kota

JSC | 1 year ago

Penggantian lampu penerangan jalan umum menggunakan Light Emitting Diode (LED) berbasis smart system sudah mencapai 97 persen di Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Utara dan Jakarta Selatan dengan total lampu yang diganti mencapai 72 ribu titik. Target total penggantian lampu ini adalah 89 ribu dan direncanakan selesai pada akhir tahun 2016.

LED smart system dipilih sebagai pengganti lampu-lampu penerangan jalan yang lama karena selain memiliki penerangan lebih baik, biaya operasionalnya juga murah. Jenis lampu ini lebih hemat energi dan diklaim tahan selama 50 ribu jam atau 12 tahun. Selain kelebihan-kelebihan tersebut, LED ini dilengkapi sistem communication gateway yang terkoneksi dengan aplikasi smartphone untuk memonitor kondisi lampu secara real time. Lampu yang bermasalah dapat segera terdeteksi, sehingga mempercepat penanganan oleh petugas.

Jenis lampu ini akan menggantikan semua lampu jalan di Jakarta. Tidak hanya jalan-jalan utama, jalan penghubung atau lingkungan, tetapi jalan di gang dan lorong permukiman warga juga akan diterangi oleh LED smart system ini. Penggunaan lampu disesuaikan dengan kondisi jalan, misalnya untuk jalan utama menggunakan LED dengan daya listrik 200 watt, 120 watt untuk jalan penghubung, jalan lingkungan 90 watt dan 40 watt untuk di gang. Tempat yang belum akan difasilitasi dengan LED smart system adalah lokasi pembangunan proyek seperti MRT. Pemasangan lampu akan dilakukan jika proyek selesai.

Artikel lainnya

Antisipasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk Mengurai Kemacetan

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan dan Transportasi dan bekerja sama dengan SKPD terkait, terus berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jakarta. Berbagai cara dilakukan, diantaranya ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City