Wajah Baru Kawasan Kalijodo

JSC | 2 years ago

Pembangunan kawasan Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara telah mencapai sekitar 50 persen. Kawasan seluas 1,4 hektar ini dirancang sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain taman, monumen, lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphitheater, musala, kios, outdoor fitness, toilet, dan sound system. Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) seluas 5.000 meter persegi.

Skate park yang sedang dibangun di kawasan RTH Kalijodo dirancang sesuai dengan standar internasional. Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi tempat berkreasi dan menyalurkan hobi bagi para peminat skateboard, BMX, scooter, juga inline skate. Kelak, skate park dengan standar internasional ini diharapkan dapat menjadi lokasi penyelenggaraan event internasional untuk kegiatan-kegiatan tersebut

Selain menata kawasan Kalijodo menjadi RTH dengan berbagai fasilitas menarik, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan melakukan pembersihan Kali Jelangkeng yang mengalir di sepanjang Kalijodo. Dengan kondisi air sungai yang lebih bersih, jernih, dan lingkungan sekitar sungai yang lebih tertata, diharapkan mampu membuat Kali Jelangkeng menjadi lokasi wisata air yang terpadu dengan RTH Kalijodo.

Biaya untuk menata kawasan Kalijodo memang tidak sedikit, yaitu sekitar 20 miliar rupiah. Kebutuhan dana tersebut diperoleh melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan pengeluaran wajib bagi perusahaan-perusahaan swasta. Saat ini, proyek penataan wilayah Kalijodo dikerjakan oleh PT Bumi Serpong Damai (BSD) dan direncanakan selesai pada Desember, 2016.

Pembangunan fasilitas umum untuk tujuan rekreasional di Jakarta seperti di kawasan Kalijodo ini diharapkan mampu mendorong ketercapaian indikator smart living sebagai salah satu syarat untuk menjadi smart city. Selain itu, usaha peningkatan kualitas lingkungan di Kalijodo diharapkan dapat menambah nilai Jakarta untuk manajemen sumber daya alam yang ramah lingkungan yang lebih baik sesuai dengan indikator smart environment.

Artikel lainnya

Aturan Garis Batas Antri untuk Pengguna KRL Jabodetabek

Semakin tinggi minat warga untuk menggunakan angkutan umum, semakin besar pula tanggung jawab pengelola agar penumpang merasa aman dan nyaman untuk melakukan perjalanan. Berbagai moda angkutan umum ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City