Teknologi CityTouch untuk Manajemen Penerangan Jalan Umum di Ibu Kota

JSC | 2 years ago

Penerangan Jalan Umum (PJU) di DKI Jakarta kini mengadopsi teknologi CityTouch sebagai salah satu langkah untuk mendukung program Jakarta sebagai smart city. CityTouch merupakan sistem manajemen penerangan berbasis web yang memusatkan pemantauan dan pemeliharaan dari jarak jauh sehingga tidak lagi memerlukan pemeriksaan fisik secara berkala. Oleh karena kecanggihan sistem tersebut, gangguan dan kerusakan lampu dapat dimonitor secara real time lalu segera ditindaklanjuti tanpa harus menunggu laporan warga atau petugas pemeriksa.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan sekitar 90.000 titik lampu PJU menggunakan LED hemat energi dan terkoneksi dengan sistem manajemen pencahayaan CityTouch. Setiap titik lampu tersebut akan terkoneksi melalui jaringan seluler ke pengelola yaitu Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) DKI Jakarta, dengan tidak hanya mengandalkan satu provider saja, akan tetapi memanfaatkan provider dengan sinyal terkuat sehingga penggunaannya lebih optimal.

Selain memungkinkan proses pemantauan jarak jauh sehingga lebih efektif dan menghemat biaya operasional, potensi penghematan konsumsi energi listrik dengan beralih ke teknologi berbasis LED ini bisa mencapai 40% jika dibandingkan dengan penggunaan lampu jalan konvensional. Penghematan energi masih bisa bertambah hingga 60% sampai dengan 70% karena CityTouch bisa melakukan dimming control atau pengaturan intensitas pencahayaan sesuai dengan kebutuhan lingkungan tanpa mengurangi keamanan pengguna jalan.

Proyek ini adalah salah satu proyek CityTouch terbesar di dunia dan Jakarta memegang rekor instalasi luminer tercepat untuk pemasangan setiap hari sesuai jadwal. Hal ini tentu menjadi tonggak penting dalam perjalanan Jakarta untuk menjadi smart city.

 

Artikel lainnya

Paviliun Pemprov DKI Jakarta, Menjalin Sinergi dengan Warga Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempertontonkan perkembangan Jakarta baru dan inisiatif Jakarta Smart City kepada pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini. Pada paviliun seluas 2000 meter ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City