Bagaimana Perkembangan Pembangunan LRT?

JSC | 2 years ago

Light Rail Transit yang disingkat LRT adalah sistem transportasi massal untuk menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya seperti Bekasi dan Bogor. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun tujuh koridor LRT yaitu Kebayoran Lama-Kelapa Gading sepanjang 21,6 km, Tanah Abang-Pulomas 17,6 km, Joglo-Tanah Abang 11 km, Puri Kembangan-Tanah Abang 9,3 km, Pesing-Kelapa Gading 20,7 km, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta 18,5 km, dan Cempaka Putih-Ancol 10 km.

Pembangunan LRT untuk mengatasi kemacetan di Ibukota ini dikerjakan oleh dua perusahaan yaitu PT Adhi Karya Tbk dan PT Jakarta Propertindo. Menurut Direktur Keuangan dan Legal Adhi Karya Haris Gunawan, proses pembangunan LRT saat ini rata-rata mencapai 6,5% dengan rincian rute Cibubur-Cawang 12,7%, Cawang-Dukuh Atas 3%, dan Cawang-Bekasi 4,8%. Target pembangunan LRT hingga akhir tahun diprediksi mampu mencapai 15%.

Sedangkan menurut Aris Joko, perwakilan dari PT Jakarta Propertindo, pembangunan dari dua koridor LRT dipastikan akan selesai sebelum penyelenggaraan ASEAN Games 2018. Koridor yang sedang dibangun adalah koridor satu dengan rute Kebayoran Lama-Kelapa Gading dan koridor tujuh dengan rute Kelapa Gading-Kemayoran-Pesing-Bandara Soekarno-Hatta. Untuk koridor Velodrome di Rawamangun ke Kelapa Gading sepanjang 6 km, diprediksi dapat selesai tepat waktu pada Agustus 2018. Pembangunan rute Kelapa Gading-Velodrome akan dilanjutkan hingga Dukuh Atas di kawasan sentra bisnis Sudirman. Saat ini, PT Jakarta Propertindo juga membuat studi kelayakan untuk koridor lainnya yaitu Kelapa Gading ke kawasan Kota Tua yang melalui Sunter di Jakarta Utara.

Menurut Adhi Nugroho, perwakilan dari Adhi Karya, rute Cibubur-Cawang bisa mulai beroperasi pada akhir 2018. Target selanjutnya adalah rute Cawang-Bekasi Timur yang direncanakan dapat mulai beroperasi pada akhir 2019. Sesuai dengan rencana Transit Oriented Development (TOD), LRT akan terkoneksi dengan gedung apartemen dan rusunawa, juga akan dilengkapi dengan park on ride terutama di Bekasi Timur.

*******

 

Artikel lainnya

Bus Transjakarta telah di Pasang On-Board Unit (OBU)

TransJakarta, sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta. Sejak tahun 2015, halte, rute jalur, dan posisi ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City