Sudah sejauh mana progres proyek MRT Jakarta?

JSC | 1 year ago

Mega proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta terus dikerjakan. Pembangunan konstruksi dan pengeboran jalur bawah tanah ini sudah mencapai lebih dari 65%. Begitu pula dengan upaya pembebasan lahan yang hingga saat ini terus dikebut. Mega proyek MRT terbagi menjadi tiga segmen, yaitu konstruksi laying, konstruksi bawah tanah, dan railway systems & trackwork dan rolling stock. Hingga hari ini, progress ketiga segmen proyek tersebut adalah sebagai berikut:

  • Bundaran HI

           Pengerjaan struktur stasiun (tangga, platform, dan sebagainya) dan pekerjaan persiapan penutupan opening slab di Stasiun Bundaran HI

  • Dukuh Atas

           Pengerjaan pembuatan terowongan jalur MRT bawah tanah, removal decking sisi utara Stasiun Dukuh Atas, dan perakitan ventilation shaft di Stasiun      

           Dukuh Atas

  • Setiabudi

           Pengerjaan backfilling Stasiun Setiabudi, pekerjaan rebar platform slab Stasiun Setiabudi, dan pemasangan bulkhead di area arrival TBM Stasiun Setiabudi

  • Bendungan Hilir

           Pengerjaan TBM 2 (Antareja II), TBM 1 (Antareja), pekerjaan rebar dan persiapan pengecoran base slab 1 Stasiun Bendungan Hilir, persiapan proses    

           backfilling Stasiun Bendungan Hilir

  • Istora

           Pengerjaan base slab di sisi utara Stasiun Istora Senayan

  • Senayan

           Penyelesaian platform dan pemasangan permanent tunnel walkway

  • Sisingamangaraja

           Pengangkatan segmen girder di Jalan Sisingamangaraja (bentang ke-7)

  • Blok M

           Pengerjaan lean concrete di area Stasiun Blok M

  • Blok A

           Pengerjaan struktur kolom stasiun

  • Haji Nawi

           Pengerjaan pembuatan pier head

  • Cipete Raya

           Pengerjaan pemasangan girder dan pembuatan kolom di Jalan Fatmawati

  • Fatmawati

           Pengerjaan kolom special bridge, kolom di Jalan RA Kartini dan relokasi pintu tol Fatmawati 2

  • Lebak Bulus

           Pengerjaan konstruksi seperti pemasangan box girder, pembuatan kolom jalur dan stasiun, pekerjaan concourse slab Stasiun Lebak Bulus, pekerjaan      

           konstruksi gedung administrasi, pembangunan pondasi area depo, dan penyelesaian pembangunan halte Transjakarta di area Stasiun Lebak Bulus.

MRT Jakarta ditargetkan rampung di tahun 2018. Nantinya, MRT akan dilengkapi dengan CCTV yang akan terintegrasi langsung dengan portal Jakarta Smart City. (jsc-sh)

***

Artikel lainnya

Revitalisasi Simpang Susun Semanggi sebagai Solusi Mengurai Kemacetan di Jakarta

Untuk mengurai kemacetan di Simpang Semanggi, Pemprov DKI Jakarta pada April 2016 sudah memulai revitalisasi Jembatan (flyover) Semanggi. Sehingga tak ada pertemuan antara pengendara dari Jalan Gatot ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City