Pembangunan Pasar Bendungan Hilir sebagai Percontohan

JSC | 8 months ago

Peletakan batu pertama atau groundbreaking Pasar Bendungan Hilir (Benhil) dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat pada hari Rabu, 26 Oktober 2016. Pasar yang berlokasi di Jalan Raya Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat tersebut ditargetkan rampung pada 2019. PD Pasar Jaya mempercepat pembangunan Pasar Benhil karena akan dijadikan sebagai percontohan untuk pasar-pasar lain di Indonesia.

Kawasan Benhil yang strategis dianggap cocok untuk membangun pasar modern dan terintegrasi dengan fasilitas lain. Oleh karena itu, bangunan Pasar Benhil yang terdiri dari 43 lantai akan difungsikan untuk berbagai hal. Yaitu tujuh lantai untuk pasar tradisional, 14 lantai untuk apartemen, dan selebihnya untuk hotel dan perkantoran sebanyak 22 lantai.

Pembangunan pasar terpadu dengan hunian vertikal berupa apartemen dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal warga. Selain itu, pembangunan secara vertikal sesuai dengan karakteristik perkotaan padat seperti Jakarta yang tidak memungkinkan pembangunan secara horizontal. Untuk mempermudah mobilitas warga, kompleks Pasar Benhil direncanakan terintegrasi dengan fasilitas transportasi umum seperti Mass Rapid Transit (MRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).

Walau kelak akan menjadi pasar modern, harga barang yang dijajakan di Pasar Benhil diharapkan tetap terjangkau untuk mayoritas warga Ibukota. Proyek pembangunan direncanakan akan berlangsung selama empat tahun dengan biaya sekitar Rp 1,2 triliun dan dikerjakan oleh kontraktor yang tergabung dalam konsorsium sejumlah BUMN dan BUMD.

Artikel lainnya

Memantau Banjir dengan Aplikasi Besutan Unit Pengelola Jakarta Smart City

Banjir merupakan masalah tahunan Jakarta yang perlu diwaspadai oleh seluruh warga. Oleh karena itu, Unit Pengelola Jakarta Smart City membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan warga memperoleh ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City