Halte Ramah Difabel dan Transjakarta Cares untuk Warga dengan Disabilitas

JSC | 2 years ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berusaha meningkatan pelayanan bagi warga dengan disabilitas atau difabel. Salah satunya dengan penyediaan halte Transjakarta yang ramah difabel. Saat ini, sedang dilakukan pembenahan pada sekitar 75 halte agar bisa dimanfaatkan oleh pengguna kursi roda.

Halte ramah difabel dilengkapi toilet yang operasionalnya dibiayai dari iklan pihak swasta. Hingga 31 Oktober, toilet di halte Transjakarta akan digratiskan. Sementara itu, pihak pengelola sedang mengembangkan sistem tap in untuk pembayaran yang diperkirakan sebesar dua ribu rupiah. Sistem ini sekaligus mendukung program cashless yang sedang dicanangkan oleh pemerintah Jakarta.

Halte yang didesain untuk difabel akan diberi penanda berupa cat warna hijau muda pada tiang ram jembatan penghubung dengan jembatan penyeberangan orang. Pada pengembangannya, halte-halte tersebut juga akan dilengkapi sign block berbentuk kursi roda sebagai penanda halte ramah difabel.

Selain menyediakan halte untuk warga difabel, PT Transjakarta juga meluncurkan Transjakarta Cares. Layanan ini nantinya akan menjemput penyandang disabilitas untuk diantar ke halte ramah difabel terdekat, sehingga membantu mereka mendapatkan moda transportasi yang aman, nyaman dan murah. Untuk tahap awal, diluncurkan lima unit mobil dengan tujuh pramudi dan 20 satgas dari target 40 unit kendaraan yang akan disediakan dalam waktu dekat. Transjakarta Cares akan melayani dua zona yakni di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat, beroperasi pukul 08:00 sampai 17:00 setiap hari. Untuk menikmati layanan ini, pelanggan dapat memesan dengan cara menghubungi call center (021) 1500 102.

Artikel lainnya

Naik Transportasi Umum Lebih Murah dengan OK-Otrip

Masih enggan menggunakan transportasi umum karena lebih mahal daripada menggunakan kendaraan pribadi? Mungkin kini saatnya kita berpikir ulang. Hari ini, 14 Desember 2017, Pemprov DKI Jakarta ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City